Tips Memulai Budi Daya Lobster Yang Bernilai Ekonomi

Semakin hari jumlah petemak dari lobster air tawar ini semakin meningkat. Ini terlihat dari maraknya pelatihan budi daya lobster. Hal ini menunjukkan jenis ikan banyak diminati para pembudi daya. Namun dari semua itu masih juga banyak calon petemak masih kebingungan harus memulai dari mana, apakah memelihara dari anakan atau dariinduknya.

Tips Memulai Budi Daya Lobster Yang Bernilai Ekonomi

Tips Memulai Budi Daya Lobster Yang Bernilai Ekonomi

Mengapa indukan memiliki prioritas yang utama dalam budi daya Lobster Air Tawar (LAT)? Dalam perkembangannya, untuk memulai suatu kegiatan usaha LAT ini haruslah diperhatikan dari mana anakan itu berasal dan jika dimulai dari indukan tentuny a harus dipilihindukan yang memiliki kualitas bagus.

Indukan memiliki fungsi penting dalam siklus perkembangan LAT karena dari indukan yang baik memiliki potensi tubuh yang besar dan sehat diharapkan akan menurunkan potensi istimewanya tersebut kepada keturunannya. Anakan yang memiliki potensi tubuh yang baik diharapkan akan tumbuh dan berkembang sebaik induknya.

Karena hal tersbut supaya kita bisa mendapatkn suatu keturunan LAT dengan baik dan juga tentunya berkualitas tinggi hal-hal yang tersebut di atas harus diperhatikan dengan saksama. Apabila kita ingin memijahkan (mengawinkan) LAT, harus diusahakan seselektif mimgkin. Selective breeding adalah pemilihan indukan yang betul-betul memenuhi syarat untuk dikawinkan agar didapatkan anakan yang betul-betul iinggul, seperti berikut.

  1. Sudah cukup umur (matang Gonad) ditandai dengan banyaknya Gonade Spot (pada betina, yang berupa bintik-bintik putih disekitar carapace) dan menyalanya (distinguish) mempunyai warna merah pada capit yg ada pd bagian luar LAT jantan paling lambat antara  8 sampai 9 bulan atau bisa juga pada 5 hingga 8 bulan dari 2 inti.
  2. Dan pada segi Ukuran panjang LAT hars 5 inti (12 cm ±10 %) dan jugat telah mempunyai brood chamber yang lebar, sehingga diharapkan telur yang bisa digenggam jumlahnya banyak.
  3. Sehat, artinya tidak mengandung parasit serta tidak memiliki luka.
  4. Agar anakan yang dihasilkan berwama cerah, maka sebaiknya dipilih indukan yang berwama cerah juga. Agar kita bisa mendapatkan indukan yang betul-betul lmggul tersebut, caranya adalah dengan mendatangi peternakan-peternakan yang memiliki fasilitas imtuk melakukan budi daya indukan, atau memang melakukan budi day a untuk mencetak calon indukan (sebaiknya jangan membeli lobster konsumsi imtuk kemudian dijadikan indukan). Memang harus dianjurkan untuk melihat secara langsung tempat pada budi daya dan metode budi dayanya agar kita mendapatkan data yang akurat tentang indukan yang akan kita miliki.  Untuk itulah sebaiknya calon petemak harus me-ngetahui, bahwa cara untuk memilih indukan itu haruslah yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang paling cepat yang biasanya disebut dengan selective breeding.  Namun, ada hal yang perlu diperhatikan jika kita memulai budi daya dari anakan atau burayak. Misalnya dalam transportasi atau pemindahan burayak. Karena burayak ini masih rentan terhadap perubahan lingkungan sehingga pada saat tiba dan melakukan adaptasi, banyak yang akhirnya mati. Hal ini juga disebabkan oleh pengetahuan dari pemula yang masih rendah. Salah dalam pengangkutan, akan berakibat fatal.
  5. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk membesarkan burayak hingga ukuran siap untuk dipijah membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang diperlukan untuk pembesaran biasanya bisa mencapai 5-6 bulan. Namun sebaliknya kalau kita membeli ukuran indukan yang siap dipijah, akan dapat menghemat banyak dan tentunya biaya yang dikeluarkan akan berkurang.

 

Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat memberikan gambaran kepada yang akan memulai budi daya ini. Semua ini kembali lagi kepada calon peternak dan sangat bergantung pada modal serta keyakinannya dalam memulai budi daya LAT ini.

 

Tips Memulai Budi Daya Lobster Yang Bernilai Ekonomi | seputarikan | 4.5