Tips Membedakan Kelamin Jantan Betina Dalam Budidaya Lobster

Bagi para pemula, tentunya akan sulit untuk mem-bedakan mana jantan dan mana betina jika dilihat secara sekilas karena secara fisik bentuk LAT hampir sama.Sebenamya jika diamati dengan saksama, akan terlihat perbedaannya.

Secara biologis, LAT dapat dibedakan menjadi tiga jenis kelamin

1.    Kelamin Jantan

Pada LAT yang berkelamin jantan terutama jenis Cherax Quadricarinatus umumnya memiliki tanda merah pada bagian luar kedua ujung capitnya, akan tetapi jika lobster itu masih berukuran kedl dri ini tidak akan terlihat. Hal yang dapat dijadikan patokan adalah lobster jantan memiliki dri yang spesifik, yaitu adanya sepasang tonjolan pada kakinya yang paling mendekati ekor.

2.    Kelamin Betina

Jika pada lobster jantan ada tanda merah pada kedua capitnya, tanda ini tidak tampak pada lobster betina. Untuk membedakannya, lobster betina mempunyai tanda tersendiri dengan adanya dua bulatan pada area kaki yang ketiga, baik dihitung dari depan maupun dari belakang. Tentunya tanda ini pun harus sepasang.

3.    Kelamin Ganda

Lobster ternyata tidak hanya terbatas pada jenis kelamin jantan dan betina, akan tetapi ada juga yang memiliki kelamin ganda atau yang disebut dengan intersex, yaitu ditandai dengan adany a dua kelainin dalam satu lobster. Penyebab teijadinya kelamin ganda salah satu akibat dari perkawinan sedarah (inbreeding)

Demikian Tips Mengetahui Kelamin Jantan Betina Dalam Budidaya Lobster

Tips Membedakan Kelamin Jantan Betina Dalam Budidaya Lobster | seputarikan | 4.5