Bahan Untuk Pengisi Kolam Budi Daya Lele

Kolam budi daya merupakan kolam untuk membudidayakan lele mulai dari bibit berukuran 5—7 cm atau 9—12 cm hingga siap panen (7—10 ekor/kg). Kolam budi daya mendapat asupan air nutrisi yang telah disiapkan di kolam pengayaan nutrisi. Kolam budi daya dapat dibuat menggunakan terpal, kolam semen, atau kolam tanah. Bentuk kolam budi daya dapat disesuaikan dengan kondisi lahan. Ukuran kolam umumnya 3×6 meter dengan kedalaman air minimum 1,2 meter. Pastikan kolam yang dibuat tidak rembes atau bocor. Jika menggunakan kolam tanah yang sudah pernah digunakan, bersihkan lumpur terlebih dahulu, lalu isi dengan bahan pengisi kolam budi daya.

kolam lele Jika airnya sudah menjadi kehijauan dan muncui pakan alami, artinya kualitas air sudah baik

  1. Siapkan kompos sebanyak 3—5 kg/m2 kolam. Semprot dengan starter probiotik organik miracle green. Dosis yang digunakan 10 cc starter per satu liter air. Takaran tersebut merupakan patokan dasar dalam pencampuran starter. Penyemprotan starter dilakukan hingga kompos menjacji lembap atau basah.
  2. Diamkan selama 24 jam, lalu masukkan ke dalam wadah (karung).
  3. Letakkan karung di dasar kolam di beberapa sudut secara seimbang. Taburkan water stabilizer sebanyak 0,3—1 kg/m3 air.
  4. Isi kolam dengan air hingga ketinggian satu meter. Biarkan air hingga warnanya berubah menjadi hijau dan muncul pakan alami (biasanya 7—14 hari). Kondisi ini menandakan bahwa kualitas air yang dibutuhkan ikan sudah terpenuhi.

Demikian Bahan Untuk Pengisi Kolam Budi Daya Lele.Semoga bermanfaat

Bahan Untuk Pengisi Kolam Budi Daya Lele | seputarikan | 4.5