Syarat Untuk Menjalankan Budidaya Lele Supaya Sukses

Jika anda ingin membuka usaha budidaya lele,Alangkah sebaiknya anda harus memperhatikan tentang aspek-aspek terpenting pada saat menjalankan budidaya lele.Berikut ini terdapat syarat ideal untuk menjalankan budidaya lele:

a. Lokasi

Lele hidup dengan baik di daerah. dataran rendah hingga lokasi yang tinggi maksimum 700 meter dpi. Jika lokasi budi daya di atas 700 meter dpi, berisiko menurunkan produktivitas dan memperlambat pertumbuhan lele.

b. Suhu dan Air

Lele dapat hidup pada suhu optimum 25—28° C. Suhu ideal untuk pertumbuhan larva lele sekitar 26—30° C. Sementara itu; untuk proses pemijahan memerlukan suhu 24—28° C.

Kondisi air yang digunakan untuk budi daya lele sebaiknj® memenuhi persyaratan. Persyaratan utama adalah air tidak boleh tercemar limbah kimia yang dapat membahayakan lele. Selaml budi daya lele probiotik organik terdapat perlakuan pembuatan water stabilizer yang akan digunakan pada kolam budi dayal Pembahasan mengenai water stabilizer akan dibahas pada bagian selanjutnya.

c. Jenis Kolam

Lele dapat dibudidayakan di berbagai jenis kolam. Awalnya, lele banyak dibudidayakan di kolam tanah. Sejalan dengan perkembangan alternatif pemeliharaan, pembudidayaan lele dapat dilakukan di berbagai wadah pemeliharaan, seperti kolam tanah, kolam tembok/hingga kolam terpal.Berbagai jenis kolam memiliki kelebihan dan kekurangan.

Memang untuk Saat ini, kolam terpal sangat banyak peminatnya untuk digunakan karena pembuatannya cukup praktis,serta memakan biayanya cukup murah, dan daya tahannya cukup lama. Namun, beberapa pembudidaya tetap memilih kolam tanah sebagai tempat budi daya lele karena dianggap lebih alami dan paling ideal bagi lele. Ukuran kolam pemeliharaan lele sebaiknya tidak terlalu luas (100—500 m2). Hal ini untuk memudahkan pengontrolan dan pengawasan. Jika lahan yang dimiliki lebih dairi 500 m2, dapat dibuat lebih dari satu buah kolam. Bentukdan ukuran kolam pemeliharaan dapat bervariasi, tergantung pada lokasinya.

d. Bibit

Keberhasilan budi daya lele sangat tergantung pada kualitas genetika bibit yang digunakan. Genetika bibit yang jelek tidak menghasilkan pertumbuhan lele yang optimal sehingga perawatan dan pakan yang diberikan menjadi sia-sia. Karena itu, pastikan mendapatkan bibit lele dari pembibit yang baik, misalnya telah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah.

Demikian 5 Syarat Untuk Menjalankan Budidaya Lele Supaya Sukses.Semoga bermanfaat

 

Syarat Untuk Menjalankan Budidaya Lele Supaya Sukses | seputarikan | 4.5