Rahasia Kisah Sukses Pembudidaya Lele

Keseriusan Insinyur Teknik Mesin, Nico Abdullah

Membudidayakan Lele dengan Sistem Probiotik Organik

Sempat menjadi bahan tertawaan para pembudidaya lele yang lebih berpengalaman, tidak menyurutkan semangat Nico Abdullah untuk tetap membudidayakan lele dengan sistem probiotik organik.

Menurut Nico, pembesaran lele menggunakan sistem probiotik organik mempermudah dirinya sebagai pembudidaya pemula. Selain itu, penggunaan probiotik organik dapat meningkatkan survival rate bibit lele hingga 98% dan recovery waterbody yang sangat cepat apabila terjadi kerusakan di air kolam.

“Dengan metode ini, waterbody kolam yang rusak akibat dekomposisi berlebihan yang disebabkan kematian massal lele, sudah kembali ter-probiotik-kan dalam waktu kurang dari empat hari,”jelas Nico.

Bibit yang ditebar berukuran 4—7 cm. Rata-rata berat panen 400 gram per ekor dalam jangka waktu 2,5 bulan. Penggunaan pakan hampir tidak ada yang terbuang. Sifat lele yang banyak makan berbanding lurus dengan pertumbuhan lele. Semakin banyak pakan lele yang diberikan, semakin cepat pertumbuhannya. Adanya extra feeding Azolla microphylla dapat meminimalkan penggunaan pakan buatan.

Rahasia Sukses Pembudidaya Lele

Dari sisi ekonomi, biaya pakan yang rendah dengan bahan baku yang mudah diperoleh menjadikan sistem probiotik organik sangat potensial untuk dikembangkan. Selain itu, angka kematian lele yang kecil berujung pada penghematan modal awal dan penambahan keuntungan.

Rahasia Kisah Sukses Pembudidaya Lele | seputarikan | 4.5