Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik

Probiotik merupakan kumpulan mikroorganisme yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan semua . makhluk hidup. Sementara itu, organik berarti pencapaian kumpulan mikroorganisme tersebut dihasilkan dari bahan dasar alami, tanpa melibatkan unsur kimia. karena Indonesia ternyata kekayaan alam yang begitu berlimpah sehingga seharusnya menjadi salah satu pusat pengembangan produk probiotik.

Paradigma masyarakat terhadap perbaikan kehidupan dalam segala aspek telah menjadi pilihan gaya hidup. Penggunaan bahan organik merupakan satu langkah positif bagi masyarakat. Kesadaran untuk memelihara kesehatan dibandingkan dengan mengobati mulai muncul di masyarakat. Pemeliharaan kesehatan berkaitan erat dengan asupan bahan makanan,seperti peribahasa “Apa yang Anda makan menentukan siapa Anda”.

Probiotik organik merupakan suatu teknoiogi penyeimbang lingkungan hidup yang paling aman. Cara kerja probiotik dengan antibiotik yang terdapat di dalam pupuk anorganik dan organik sangat berbeda. Antibiotik menghancurkan satu atau N    lebih mikroorganisme. Efek negatifnya, antibiotik juga dapat

membunuh mikroorganisme yang “baik” Artinya, antibiotik turut berperan daiam mengurangi kadar mikroorganisme yang penting di daiam tubuh makhluk hidup.

Keunggulan Sistem Budi Daya Probiotik Organik

a. Pakan Alami, Berkualitas dan Murah

Biaya pakan pada budi daya lele juga dapat mencapai 60—70% dari keseluruhan total semua biaya produksi. Karena itu, pada setiap terjadi kenaikan suatu harga pakan emmang memengaruhi pembudidaya lele. Lebih parahnya, meskipun menggunakan pakan pabrikan, hasil panen ternyata kurang sesuai harapan yang diinginkan.

Cara Kerja Probiotik Organik
Probiotik bekerja dengan cara mengontrol semua perkembangan serta populasi mikroorganisme “jahat” dan sehingga menghasilkan lingkungan tumbuh yang optimal bagi mikroorganisme “baik” Hingga akhirnya, mikroorganisme “baik” akan mendominasi dan membuat habitat menjadi nyaman bagi pertumbuhan makhluk hidup pada lingkungan tersebut.

Kandungan mikroorganisme yang terdapat pada starter organik probiotik miracle green di antaranya Brachybacterium, Basidiomycetes, dan Lactobacillus ternyata sesuai dengan isi buku yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Soeharsono M.Sc yang berjudul Probiotik—Basis llmiah Aplikasi dan AspekPraktis.

“….Lactobacillus sama seperti yang terdapat dalam Isaiah pada suatu produk minuman kesehatan, yang mempunyai keitimewaan dan juga sangat berguna untuk membantu pencernaan, dalam tumbuhan Ipun ini sangat berguna membantu memperlancar serapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Lain halnya dengan Brachybacterium, bakteri yang berfungsi untuk menetralisir segala jenis polutan dan kemampuannya yang luar biasa hingga mampu mengangkat unsur logam berat. Sementara itu, Basidiomycetes adalah jenis fungi atau jamur yang tidak merugikan bagi host yang ditumpanginya, jamur; jenis ini justru membantu ekosistem lingkungan. Sebab peran umumnya dalam mengolah suatu nutrisi juga diperlukan dan menumbuhkan tunas serta stabilisasi tanah sangat mengagumkan….”

Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik

Melalui teknis budi daya probiotik organik, pembudidaya tidak tergantung pada pakan buatan pabrik. Berdasarkan pengalaman pembudidaya lele yang telah menerapkan sistem probiotik organik, penghematan biaya dapat mencapai 50— 60% dibandingkan dengan penggunaan pakan pelet (pakan pabrikan).

b. Kepadatan Kolam Lebih Tinggi

Kepadatan kolam pada budi daya lele yang masih menggunakan sistem konvensional hanya 100—150 ekor/m3. Namun, jika melakukan budi daya dengan sistem probiotik organik, kepadatan kolam lele dapat mencapai 200 ekor/m3. Khusus untuk pemula, kepadatan kolam sebaiknya hanya 50— 100 ekor/m3. Setelah berhasil, tingkatkan kepadatan kolamnya hingga 150—200

Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik

Kepadatan kolam dengan sistem budi daya super intensif sebenarnya dapat mencapai 300 ekor/m3 dengan ukuran panen 9—11 ekor/kg. Namun, dalam pemeliharaannya diperlukan sistem manajemen aquaculture yang begitu bagus dan memadai, seperti sirkulasi air, perawatan mikroorganisme, dan manajemen pemberian pakan.
Pada Umumnya, semakin tinggi kepadatan kolam, semakin lambat laju pertumbuhannya. Namun, dengan adanya teknologi probiotikorganik,asupan pakanalami probiotik organik dan microphylla membuat laju pertumbuhannya tetap tinggi dan kondisinya sehat. Pasalnya, pakan tersebut memiliki kandungan asam amino esensial yang sangat tinggi.

Tingkat kepadatan ikan yang tinggi tidak terlepas dari berbagai masalah. Semakin padat ikan di dalam kolam, kebutuhan oksigen menjadi lebih banyak. Karena itu, sirkulasi air probiotik harus sangat diperhatikan.

c. Kualitas Air Tetap Baik

Kualitas air memiliki pengaruh terhadap kondisi lele. Ada beberapa pembudidaya lele yang hanya memerhatikan kondisi bibit, pakan, dan manajemen budi daya, tetapi melupakan kualitas air yang digunakan. Pencemaran air di dalam kolam budi daya dapat disebabkan oleh sisa pakan atau kotoran lele yang terakumulasi di dasar kolam, khususnya untuk kolam yang memilikitingkatkepadatancukuptinggi.Kondisiinimenyebabkan turunnya kualitas air dan berkurangnya kandungan oksigen terlarut. Akibatnya, lele mudah stres, rawan terserang penyakit, dan nafsu makan berkurang. Hingga akhirnya, pertumbuhan lele menjadi tidak optimal dan menyebabkan kematian.

Budi daya lele probiotik organik harus memperhatikan kualitas air yang digunakan. Singkatnya, air yang digunakan tidak langsung berasal dari sumbernya, tetapi perlu diolah terlebih dahulu. Melalui water stabilizer, kualitas air dapat ditingkatkan dengan menggunakan mikroorganisme yang ditumbuhkan dan dikembangkan untuk menjaga kualitas air secara berkesinambungan.

VVoter stabilizer bermanfaat untuk menjaga kualitas air budi daya tetap baik sehingga kesehatan dan pertumbuhan ikan tetap optimal. Water stabilizer bekerja dengan cara menguraikan sisa pakan dan kotoran dalam kolam sehingga kondisi air kolam tetap baik, kandungan oksigen dalam air tercukupi, serta membuat kolam tidak berbau akibat sisa pakan dan kotoran terurai sempurna. Penjelasan mengenai water stabilizer, cara membuatnya, dan pemanfaatannya dijabarkan pada bagian persiapan budi daya.

d. Serangan Penyakit Menurun dan Kematian Bibit Rendah

cara Pemberian pakan berupa kombinasi pakan probiotik organik, Azolla microphylla, dan juga beebrapa nutrisi yang terdapat dalam air juga dapat menjaga ikan tetap sehat serta dapat menurunkan tingkat kematian menjadi sangat rendah (2—3%, bahkan ada yang bisa di bawah 2%).

Air kolam lele yang menggunakan sistem probiotik organik Perlu disiapkan enam hari sebelum bibit lele ditebar. Jika bibit lele berasal dari lokasi yang berjarak 3,5—4 jam perjalanan, waktu adaptasinya kurang dari satu jam. Setelah adaptasi, bibit lele umumnya langsung dapat memakan pakan probiotik organik dengan tingkat mortalitas 0 (nol). Selain itu, bibit juga tidak bergerombol dan langsung berenang aktif.

Sementara itu, bibit yang masuk dalam kolam konvensional (tanpa perlakuan probiotik organik) memerlukan waktu adaptasi lebih dari 12 jam. Setelah melewati waktu adaptasi, bibit lele mulai aktif memakan pakan setelah 24 jam dengan tingkat kematian sekitar 10—20%. Selain itu, bibit lele umumnya bergerombol dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk aktif dibandingkan dengan lele yang menggunakan sistem probiotik organik.Bagi para pembudidaya lele yang telah menerapkan sistem probiotik organik merasa diuntungkan. Pasalnya, lele dapat bertahan dari serangan penyakit jamur dan cacar dengan tingkat mortalitas kurang dari 1%.

Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik

e.Pertumbuhan Optimal

Tingkat pertumbuhan sangat tergantung pada bibit lele. Proses budi daya lele menggunakan sistem probiotik organik tidak menekankan pada cepatnya proses pertumbuhan, tetapi berdasarkan mutu dan kesehatan ikan. Selain faktor lele, pertumbuhan lele juga tergantung pada susunan sistem manajemen perlakuan probiotik organik. Misalnya, penjagaan dan perawatan kolam serta sikap dalam menangani gangguan eksternal yang dapat memengaruhi kolam.Rasio pemberian pakan yang mengikuti laju pertumbuhan merupakan salah satu faktor penting di dalam budi daya lele sistem probiotik organik. Berdasarkan pengalaman para pembudidaya, bibit 5—7 cm dapat menghasilkan 9—10 ekor per kilogram dalam waktu sekitar 60 hari.

 

Probiotik Organik

 

Konvensional

 

Lama
panen

60 hari
(9—10 ekor/kg)

 

60 hari
0—10 ekor/kg)

 

Rasa daging

 

Kenyal dan kesat

 

Tidak terlalu kenyal

 

Kepadatan kolam

 

200 ekor/m3

 

100—150 ekor/m3

 

Risiko serangan penyakit

 

Lebih imun (SR tinggi).

Persentase kematian hanya 2 —3%

 

Persentase kematian 10 — 20%, atau lebih

 

f. Lele yang Dihasilkan Berkualitas

Berdasarkan pengalaman penulis dan pembudidaya, lele yang dlbudidayakan dengan sistem probiotik organik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan lele sistem konvensional. Beberapa keunggulannya adalah bobot lele lebih padat, kesat, kenyal, dan tidak ada penyusutan bobot. Selain itu, kulit lele lebih mulus, teksturnya licin, serta rasa dagingnya lebih gurih dan tidak hancur saat digoreng.

Pertumbuhan lele berlangsung dengan baik karena sistem probiotik organik dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh lele. Keaktifan pergerakan lele saat berada dalam kolam membuktikan bahwa lele sangat senang dengan perlakuan serta pakan probiotik organik karena akan menambah bibit unggul.

g. Melestarikan dan Menstabilkan Lingkungan

Mengolah produk probiotik organik harus dilakukan secara tepat untuk menjaga keutuhan kandungan protein, omega 3, dan DHA. Misalnya, menggunakan metode steam atau kukus.rangkaian yang berkesinambungan dan berhubungan erat dengan kondisi air sebagai habitat ikan dan juga resirkulasi air yang telah terprobiotikkan. Sistem probiotik organik dapat meminimalkan kerusakan kualitas air. Selain itu, sistem ini juga tidak menghasilkan residu.

Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik

Manfaat Mengonsumsi Produk Probiotik Organik Bagi Manusia

  1. Memperbaiki malabsorpsi laktosa.
  2. Meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi pada usus
  3. Supresi kanker.
  4. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  5. Memperbaiki sistem pencernaan.
  6. Stimulasi imunitas gastrointernal.

Demikian Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik.Semoga bermanfaat

 

Keunggulan bududaya Ikan Lele Dengan Probiotik Organik | seputarikan | 4.5