Lokasi Yang Cocok Untuk Budidaya Ikan Dalam Drum

Lokasi yang akan dipergunakan untuk usaha budidaya ikan dalam drum se-baiknya terletak dekat dengan sumber air yang kondnu dan mempunyai debit air yang cukup besar. Sumber air yang kontinu, baik selama musim hujan maupun kemarau, akan menjamin keberhasilan usaha budidaya ikan dalam drum. Untuk dapat menghasilkan arus air yang cukup deras, sebaiknya perbedaan tinggi perm ukaan air pada sumber dan tinggi perm ukaan air di dalam drum tidak kurang dari 40 cm.

Debit air yang cukup memenuhi syarat bagi pemeliharaan ikan secara inten-sif, seperti dalam drum, adalah debit air yang mampu menyediakan kandungan oksigen terlarut dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan ikan dan mampu membuang sisa makanan dan kotoran hasil metabolisme ikan.

Berikut ini adalah gambar bak pengendapan lumpur

Lokasi Yang Cocok Untuk Budidaya Ikan Dalam Drum

Berdasarkan perhitungan Meske (1973), drum yang diisi dengan air sebanyak 100 liter cukup memadai untuk usaha budidaya ikan secara intensif apabila saluran pemasukan air mampu memberikan debit sebesar 10 liter setiap menitnya.

Jika kondisi air terlalu keruh, penuh dengan partikel zat padat atau sampah, sebaiknya dilakukan dahulu proses penyaringan dan pengendapan zat padat atau sampah tersebut sehingga pipa-pipa pralon yang digunakan terhindar dari kern ungkinan penyumbatan.

Mula-mula pada saluran air ldtaberi jaring kawat untuk merintangi masuknya sampah. Sampah yang mungkin menimbun pada jaring kawat ini hams sering dibersihkan agar aliran air tidak terhambat. Setelah itu, air kemudian dialirkan ke dalam bak pengendapan untuk mengendapkan partikel zat padat yang dikandungnya. Bak pengendapan ini mempunyai sekat-sekat yang berfungsi untuk memper-lam bat arus air sehingga partikel zat padat yang terkandung dalam air akan meng-endap. Pada bagian akhir dari bak pengendapan ini dibuat bak penyaringan, agar air yang masuk ke dalam drum benar-benar bersih.

Untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan, sebaiknya saluran pe-masukan air dibuat dengan sistem seri, sehingga setiap drum menerima air dengan kualitas dan kuantitas yang sama dari sumbemya. Air yang telah digunakan akan mengandung sisa makanan dan kotoran hasil metabolisme, dan kurang baik untuk pertumbuhan ikan.

Lokasi Yang Cocok Untuk Budidaya Ikan Dalam Drum | seputarikan | 4.5