Budidaya Lele Dengan Menggunakan Probiotik Organik

Budi daya perikanan, termasuk lele memiliki tiga faktor penting yang memengaruhi keberhasilannya, yaitu bibit, pakan, dan manajemen pemeliharaan. Selain itu, faktor lainnya adalah kualitas air. Faktor ini sering dilupakan oleh pembudidaya lele. Manajemen usaha pembudidayaan harus dilakukan secara benar agar budi daya yang dijalankan dapat menghasilkan keuntungan yang sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Salah satu tantangan pada budi daya lele adalawharga pakan yang terus meningkat.

Kenyataan di lapangan saat ini, pembudidaya lele memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pakan pabrikan. Kondisi ini dipicu oleh tidak adanya pakan alternatif yang dapat menggantikan pakan pabrikan.ironisnya, Dalam penggunaan dalam pakan pabrikan yang juga harganya juga sangat tinggi dan juga seringkali tidak menjamin keberhasilan budi daya lel. Misalnya, banyak lele yang sakit dan tingkat kematiannya tinggi. Selain itu, output hasil budi daya pun sering dihargai “rendah” dan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan pembudidaya.Berbagai kondisi tersebut melatarbelakangi penulis untuk mendptakansistembudidayaperikanan,khususnyalele.Pemikiran penulis untuk mampu menumbuhkan ikan secara alamiah, sehat, serta memiliki daging yang baikdan bermutu.

Selain itu, budi daya dapat dilakukan secara mandiri, khususnya dalam hal penyediaan pakan (dapat dibuat sendiri) serta pengondisian air (waterquality) yang wajib dilakukan dalam aquaculture. Penulis mengistilahkan sistem budi daya ikan air tawar yang dijalankannya sebagai sistem probiotik organik miracle green atau cukup disebut probiotik organik.

 

Budidaya Lele Dengan Menggunakan Probiotik Organik

Kualitas Air. Merupakan salah satu faktor penting dalam budi daya lele probiotik organik

Apa Itu Probiotik Organik?

Probiotik merupakan kumpulan mikroorganisme yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan semua . makhluk hidup. Sementara itu, organik berarti pencapaian kumpulan mikroorganisme tersebut dihasilkan dari bahan dasar alami, karena tanpa melibatkan unsur kimia. Dan di Indonesia sendiri juga memiliki sumberdaya serta kekayaan alam yangbegitu  berlimpah sehingga seharusnya menjadi salah satu pusat pengembangan produk probiotik.

Paradigma masyarakat terhadap perbaikan kehidupan dalam segala aspek telah menjadi pilihan gaya hidup. Penggunaan bahan organik merupakan satu langkah positif bagi masyarakat. Kesadaran untuk memelihara kesehatan dibandingkan dengan mengobati mulai muncul di masyarakat. Pemeliharaan kesehatan berkaitan erat dengan asupan bahan makanan,seperti peribahasa “Apa yang Anda makan menentukan siapa Anda”.

Probiotik organik adalah salah suatu pengembangan teknologi penyeimbang lingkungan hidup yang sangat aman. Cara kerja probiotik dengan antibiotik yang terdapat di dalam pupuk anorganik dan organik memiliki perberbedaan masing-masing. Antibiotik dapat menghancurkan satu bahkan lebih mikroorganisme. Efek negatifnya, antibiotik juga dapat membunuh mikroorganisme yang “baik” yang dalam Artian, antibiotik turut berperan dalam mengurangi kadar mikroorganisme yang penting di dalam tubuh makhluk hidup termasuk lele yang telah di budidayakan.

Budidaya Lele Dengan Menggunakan Probiotik Organik | seputarikan | 4.5