Cara Panen Ikan Yang Benar Dan Bernilai Jual Tinggi

Ikan biasa dipanen setelah dipelihara selama tiga bulan atau lebih, tergantung pada ukuran benih yang ditebaikan, ukuran ikan yang akan ditangkap, dan pem­berian makanan tambahan.

Ikan dapat dipanen dengan cara mengeringkan kolam secara perlahan-lahan. Pengeringan dilakukan dengan menutup saluran pemasukan air dan membuka saluran pengeluaran pertama yang terletak di dasar kolam. Dengan demikian per- mukaan air di dalam kolam akan menurun secara perlahan-lahan dan ikan secara naluriah akan berenang menuju ke bagian kolam yang masih mengandung air; dan akhimya ikan akan berkumpul di dalam bak penanipungan) Penurunan air hendak- nya tidak dilakukan secara tergesa-gesa, supaya tidak menimbulkan stress pada ikan dan menurunkan kualitas ikan itu sendiri. Untuk kolam ukuran 2000 meter persegi, penutupan saluran pemasukan air dan pembukaan saluran pengeluaran air sebaik­nya dilakukan pada sore hari, yaitu sehari sebelum panen dilakukan. Pada keesokan harinya, pagi-pagi sekali ikan telah berkumpul di dalam bak penampungan dan dengan mudah dapat ditangkap. Untuk kolam-kolam dengan ukuran yang lebih besar, penutupan saluran pemasukan air dan pembukaan saluran pengeluaran air sebaiknya telah dilakukan padapagi hari sehari sebelum panen dilakukan, dan panen dapat dilakukan pagi-pagi benar pada hari berikutnya.

Ikan-ikan yang telah terkumpul di dalam bak penampungan dapat segera di­tangkap dengan alat-alat penangkap ikan, seperti scoop-net atau jaring. Pada saat Panen sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pada pagi hari sewaktu temperatur udara belum terlalu tinggi. Panen yang dilakukan setelah hari terang atau terik matahari, akan mengakibatkan ikan menjadi stress dan tidak tahan hidup dalam pengangkutan pada nantinya. Ini tentu saja akan menimbulkan kerugian, karena harga jualnya menjadi rendah.

Demikian Tips Cara Panen Ikan Yang Benar Dan Bernilai Jual Tinggi.Semoga bermanfaat

Cara Panen Ikan Yang Benar Dan Bernilai Jual Tinggi | seputarikan | 4.5