Ikan Hias Badut Anda Sering Stres ?? Ini Dia Tips Merawat Ikan Badut Anda Agar Tidak Stres

Seputarikan.Com – Ikan badut adalah ikan dari putra suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada dua puluh delapan spesies yang lumrah dikenali, salah satunya merupakan genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion. Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan karang lebih besar Australia.

Ikan Hias Badut Anda Sering Stres Ini Dia Tips Merawat Ikan Badut Anda Agar Tidak Stres

Di alam bebas mereka bersimbiosis dengan anemon laut. Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut mengenai membersihkan Anemon dengan memakan sisa – sisa makanan Anemon. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan/kehitaman. Spesies terbesar menggapai panjang 18 cm, sementara yang terkecil hanya six cm.

Tips Untuk Merawat Ikan Badut Supaya Tidak Stres

Akuarium idealnya harus berukuran sekurang-kurangnya 90 cm x 30 cm back button 38 cm. Perlu diperhatikan pula bahwa ikan badut marun bisa tumbuh sehingga 15 cm sehingga ukuran akuarium harus bisa menampung ukuran tubuh mereka.

Ikan badut pada umumnya menginginkan ruang lebih luas dibandingkan ikan air tawar. Selain ruang yang cukup, ikan badut juga membutuhkan kualitas air yang baik. Akibat karena itu, Anda wajib membersihkan akuarium lebih hampir sering untuk menjaga lingkungan tentu sesuai untuk peliharaan Kita ini.

Ikan badut merupakan ikan sosial seperti terlihat dari perilakunya di alam liar serta simbiosisnya dengan anemon. Itu sebab, dianjurkan untuk memelihara sepasang ikan badut. Namun, jangan jua membeli terlalu banyak agar akuarium tidak terlalu padat.

Usahakan pula membeli ikan badut dari spesies yang sama agar tidak berlangsung perkelahian memperebutkan wilayah. Ikan badut dikenal rentan bersama stres. Usahakan mereka masih nyaman dan selalu kawal kebersihan akurium karena stres bisa menyebabkan kematian ikan.

Dapat pula menambahkan anemon laut karena kedua spesies ini saling bersimbiosis. Namun, tidak semua anemon cocok untuk peliharaan Awak. Spesies anemon yang salah justru bisa menyengat ikan badut hingga mati. Anemon juga termasuk spesies yang susah menyesuaikan diri dengan lingkungan akuarium sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam perawatannya. Akuarium perlu memiliki batu ataupun koral tempat ikan badut bersembunyi dan bermain. Batu juga akan membuat akuarium lebih mirip dengan an environment asli ikan ini.

Ikan badut merupakan omnivora. Bisa juga memberi makan mereka dengan makanan hidup, makanan beku, serta serpihan makanan. Jika memberikan makanan beku, jangan lupa untuk mencairkan makanan terlebih dahulu. Ikan ini tidak rewel soal makanan sehingga tidak jadi merepotkan pemiliknya. Ikan badut perlu diberi makan 2 sampai tiga kali satu hari.

Tanda untuk mengetahui apakah memberi makan terlampau banyak adalah dengan memeriksa bagian bawah akuriaum. Sisa makanan di dasar jadi tanda Anda memberi makan terlalu banyak. Jumlah keperluan air di akuarium ialah 10 liter per 3 cm ukuran ikan. Kita juga perlu berbicara dengan pemilik toko hewan peliharaan tentang filtrasi air yang tepat untuk akuarium.

Bernilai untuk dicatat, Anda gak boleh memasukkan ikan ke dalam akuarium pada hari yang sama saat membelinya. Air dalam akurium wajib dibiarkan beberapa waktu sebelum ikan badut dimasukkan kedalamnya. Meskipun ikan badut macam Ocellaris bisa hidup dengan dengan jenis ikan yang lain, jangan pelihara mereka bersamaan dengan sesama ikan badut dari spesies lain.

Nah bagaimana mudah bukan ?? 😀 sayangi ikan peliharaan anda seperti anda menyayangi diri anda sendiri 😀

Ikan Hias Badut Anda Sering Stres ?? Ini Dia Tips Merawat Ikan Badut Anda Agar Tidak Stres

Ikan Hias Badut Anda Sering Stres ?? Ini Dia Tips Merawat Ikan Badut Anda Agar Tidak Stres | seputarikan | 4.5