678 Cara Lengkap Dan Mudah Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

Cara Mudah Budidaya Ikan Bawal Air Tawar – Ikan bawal merupakan ikan yang banyak di gemari di berbagai kalangan untuk konsumsi. ikan ini juaga telah dibuat dalam banyak makanan olahan yang memiliki cita rasa tinggi untuk bersaing dengan spesies ikan yang berasal dari ikan kelas atas.

Tidak cukup sulit untuk budidaya bawal air tawar. itu semua tergantung pada niat dan ketekunan usaha kita. ikan bawal air tawar yang tergolong ganas dan meliputi segala sesuatu pemakan ikan (omnivora). Ikan bawal juga adalah kanibal dan termasuk ikan predator.

Budidaya dapat dilakukan dengan berbagi metode yang dapat dilakukan di kolam tanah, terpal, dan kandang. itu semua tergantung pada kebutuhan dan keadaan lingkungan kita. Ini adalah faktor bawal pertumbuhanya ikan kecepatan.

Budidaya ikan bawal

678 Cara Lengkap Dan Mudah Budidaya Ikan Bawal Air Tawar 

1. Persiapan kolam

Persiapan sama dengan persiapan kolam budidaya pada spesies ikan lainnya. Di sini kita membahas budidaya ikan bawal di kolam tanah. dengan ukuran kolam dapat bervariasi tergantung kebutan dan lokasi yang kita miliki. ukuran umum digunakan 5 M x 10 M 2 M tapi kedalaman kolam yang lokasinya tidak cukup Anda juga dapat menggunakan metode budidaya di kolam terpal.

Setelah kolam selesai di dipersiapkan kolam sebelumnya harus dikeringkan sampai retak-retak tanah dasarnya dengan tujuan unutuk membunuh bakteri dan mikro organisme yang dapat menyebabkan penyakit jahat pada ikan ketika budidaya sedang berlangsung.

Lalu taburi kompos di bagian bawah kolam sampai merata dengan ketebalan sekitar 30 cm. dan diamkan selama 3 hari. berikutnya.

2. Pemupukan

Pemupukan kolam harus dilakukan dengan tujuan untuk mengatur pH tanah menyetabilkan kadar asam dan juga untuk makanan alami yang akan hidup di air kolam. seperti plankton dan kutu air yang akan menjadi pakan alami ikan pada hari pertama benih di tebarkan. pupuk yang digunakan adalah pupuk kapur (dolomid). dan urea. tebarkan pupuk untuk dicampur di permukaan kolam dengan dosis yang cukup di setiap sudut terpenting, serta pH yang berbeda dan keasaman tanah.

3. Mengisi Air

Pengisian air dilakukan hingga ketinggian air 50-70 cm karena untuk mempertahankan tingkat pH dan asam tetap stabil. dan ketika ada penurunan air bisa diisi lagi segera. setelah kolam diisi dengan air biarkam sekitar 15 hari yang bertujuan untuk menghidupkan kembali fitoplankton dan kutu air yang akan menjadi makanan ikan alami.

4. Penebaran Benih

Penebaran benih baik dilakukan di pagi hari dan malam hari. benih tidak langsung di tebar ke dalam kolam karena dapat menyebabkan stres karena ikan masih rentan terhadap lingkungan/habitat baru. untuk itu kita menggunakan alternatif lain untuk mempersiapkan bak / ember ambil air kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan kemudian diamkan selama 30 menit agar ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan air kolam.

5. Pakan

Pakan ikan dapat diberikan pakan pelet ikan 781-2 SP yang ukurannya sesuai dengan usia ikan budidaya ikan dan ikan dengan gizi yang baik. menggunakan pakan yang memiliki kandungan protein 30% karbohidrat 30% dan lemak 20% tingkat pemicu pertumbuhan ikan akan cepat laju pertumbuhanya. dan pemberian pakan dilakukan pada pagi, siang, sore dan malam. dan makan di malam hari lebih banyak di banding ke laninya karena selama periode waktu malam lebih panjag untuk sampai pada pemberian makan berikutnya.

6. Perawatan

Pengobatan dilakukan setiap hari kami memberikan setiap kita memberi pakan harus mengamati perilaku ikan di kendala budidaya yang ditemukan dan apa,bagai mana cara penangananya. dan memberikan vitamin untuk ikan sekali setiap 1 minggu selama budidaya berlangsung.

Baca Juga :

678 Cara Lengkap Dan Mudah Budidaya Ikan Bawal Air Tawar | seputarikan | 4.5