357 Cara Ampuh Dan Mudah Budidaya Ikan Mas

357 Cara Ampuh Dan Mudah Budidaya Ikan Mas – adalah salah satu ikan konsumsi yang  juga untuk kepentingan msyarakat banyak. Ikan ini adalah ikan yang memiliki tekstur daging lembut, lezat dan mudah untuk olah menjadi berbagai jenis makanan.

Cara Mudah Budidaya Ikan Mas
Cara Mudah Budidaya Ikan Mas
357 Cara Ampuh Dan Mudah Budidaya Ikan Mas 

Ikan Mas  adalah jenis ikan yang paling populer dibandingkan dengan berbagai jenis ikan air tawar. lainya, Selain itu, ikan ini telah lama dibudidayakan.

Dari hasil silang ikan mas dengan jenis baru dan banyak jenis lainnya. Untuk budidaya ini tidak sulit karena ikan sudah sangat populer di masyarakat.
Berikut adalah langkah-langkah pertanian ikan mas :
1. Kolam 
Seperti pada budidaya ikan lainya pembangunan kolam yang digunakan adalah dinding beton dan dasar pada kolamnya adalah tanah dengan ukuran 10 mx 5 mx 1,5 m. akan tetapi untuk ukuran dapat juga berfariasi tergantung lahan yang kita miliki kemudian kolam di lakukan pengeringan yang berfungsi untuk menghilangkan hama dan kuman / mikro organisme yang terkandung dalam kolam ikan budidaya.
Pengeringan dilakukan selama 3-7 hari sampai dasar kolam benar-benar kering (biasanya sampai retak-retak tanahnya). jika terjadi karena pengaruh curah hujan yang tinggi dan karena itu tidak dapat mengeringkan kolom dengan maksimal itu bisa dilakukan dengan cara alteratif dengan cara pemupukan dan pengapuran.
Pengapuran berfungsi untuk menyeimbangkan keasaman kolam dan membantu memberantas mikroorganisme patogen. Jenis yang digunakan adalah kapur dolomit. Pengapuran dilakukan dengan ditebar secara merata di atas permukaan kolam. karena ada genangan air tidak dapat kerig karena curah hujan yang tinggi maka di berikan sedikit dosis yang lebih dari ukuran kolam kita dari ukuran kolam diatas dapat di gunakan kapur dolomid kurang lebih 3-4 kantong.
Pemupukan juga di lakukan. menggunakan kombinasi pupuk organik ditambah urea dan TSP. Jenis pupuk organik dapat pupuk kandang atau kompos, tujuan pemupukan tambak dilakukan agar dapat tumbuh hewan air dan tumbuhan air di dalamnya. pemupukan dilakukan guna untuk menyediakan nutrisi bagi organisme seperti fitoplankton, kutu air dan cacing. sebagai pakan ikan alami selama ikan dalam penyesuaian dengan lingkungan di dalam kolam.
2. Mengisi Air Kolam 
Pengisian air kolam dapat di lakukan setelah semua langkah di atas terpenuhi, air dapat di isikan kedalam kolam dengan kapasitas 40-60 cm, karena kondisi populasi plankton sangat ideal untuk makanan alami dan bahan terlarut cukup rendah. Pada awal budidaya, biasanya selama satu minggu situasi air masih setabil. kemudian akan dilakukan penambahan dan pengurangan air sehingga pH dan untuk menjaga asaman setabil.
Suhu air juga sangat penting bagi kehidupan ikan, suhu air mempengaruhi kehidupan ikan. Suhu yang ideal untuk budidaya adalah 50-310 derajat C. Jika suhu berfluktuasi drastis, bisa berdampak buruk bagi pertumbuhan embrio ikan. Suhu air dipengaruhi oleh radiasi matahari, suhu udara, cuaca, dan lokasi
Untuk kolam, kedalaman air yang ideal adalah 60-150 cm. Air terlalu dangkal menyebabkan perubahan suhu terlalu cepat dan besar. Jika air terlalu dalam mengakibatkan perbedaan mencolok dalam suhu.
3. Tebar Benih

Beberapa orang mungkin sering meremehkan waktu tebar Benih ikan. waktu yang baik digunakan adalah di pagi dan sore hari dan ketika benih akan de tebar terlebih dahulu di lakulan pereda stres dengan cara :

  • Siapkan Ember Atau Bak ;
  • Ambil air dari kolam calon budidaya Pembesaran;
  • Masukan Kedalam Ember/bak ;
  • Masukan Benih ikan Kedalam ember yang terisi air dari kolam budidaya diamkan selama kira-kira 1 jam dengan tujuan untuk penyesuaian ikan dengan air calon habitatnya;
  • Setelah itu tebarkan benih kedalam kolam;
Untuk mendapatkan kualitas hasil budidaya di sarankan benih yang di tebarkan mempunyai ukuran yang sama agar laju pertumbuhan juga berjalan seragam.
Benih Unggul

Untuk menentukan benih ikan bagus dapat di lihat dari ciri-ciri sebagai berikut :

  • Ukuran Benih seragam;
  • Ikan terlihat aktif dan agresif;
  • Warna ikan terlihat lebih crah;

Benih yang kurang bagus biasanya :

  • Tidak Aktif
  • Warna terlihat lebih kusam
  • Jarang Melakukan Pergerakan
Jika kriteria di atas sudah terpenuhi kemungkinan sukses budidaya lebih besar.
4. Pakan 
Pakan ikan tidak dilakukan pada hari pertama dan kudua setelah tebar karena di kolam masih mengandung banyak makanan alami seperti plankton, ganggang dan kutu air dan lain-lain. baru masuk ketiga hari kita dapat mulai memberikan pakan pelet, sebelum pelet di berikan kepada ikan terlebih dahu kita rendam pelet tersebut dengan air hangat kenapa begitu karena pelet tersebuta akan mengembang dan jika langsung di berikan kepada ikan maka pelet akan mengembang di dalam perut ikan kemungkinan akan dapat menimbulkan kematian, pelet ikan utama yang memiliki protein 20%, 15% karbohidrat dan 20% lemak.
Agar kebutuhan gizi ikan terpenuhi dengan baik dan perkembagan ikan berjalan sesuai dengan target. pemberian pakan dilakukan dengan frekuensi pada pagi, siang, dan malam karena ikan mas adalah tidak termasuk ikan kanibal.
5. Pengolahan Air 
Pengolahan Air perlu dilakukan karena merupakan faktor keberhasilan budidaya ikan. setiap 15 hari perlu dilakukan pengurangan dan penambahan air sebayak 50% untuk menjaga kondisi air setabil. Periksa keasaman dan pH air setiap perubahan air akan mempengaruhi laju pertumbuhan ikan.

Baca Juga :

Di sarankan juga untuk budidaya ikan lebih baik dilakukan pada air yang mengalir karena ikan mas membutuhkan sirkulasi air yang bagus “jika air tidak mengalir dalam kolam kita dapat memberikan tambahan kincir atau aerator” .
357 Cara Ampuh Dan Mudah Budidaya Ikan Mas | seputarikan | 4.5