100 Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Pada Ikan Hias

100 Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Pada Ikan Hias – Ikan hias adalah salah astu komoditas yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi di bandingkan ikan konsumsi dalam memelihara ikan hias sebagian pasti mengalami penyakit,  Penyakit  ikan hias yang paling berbahaya adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dan apabila tidak diobati akan menyebabkan kematian dalam waktu singkat.
Cara Mengatasi Penyakit Ikan Hias
Penyakit karena virus pun dapat menjadi wabah yang menyebabkan kematian massal bila Ikan Hias yang terjangkit tidak segera dikarantina dan diobati. Terladamg sebagian orang yang belum mengerti ternyata karena pemberian obat yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal pada ikan hias bahkan dapat menyebabkan kematian pada Ikan Hias.
Berikut ini beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang Ikan Hias dan cara mencegahnya serta pengobatannya :

Luka Pada Tubuh

Penyakit cedera pada tubuh ini disebabkan oleh perilaku ikan hias karena stres, misalnya ikan mencoba untuk melompat atau menabrak ornament kolam/kuarium menyebabkan cedera. Selain itu bisa karena gatal akibat kutu sehingga ikan menggosok tubuh dapat menyebabkan cedera.

Cara Mencegah Penyakit 

Hindari penggunaan ornament kolam yang permukaannya kasar atau tajam

Untuk Ikan baru, sebaiknya disesuaikan dulu kondisi suhu dengan tempat baru dengan cara merendam dalam kantong plastic ke dalam lingkungan baru.

Cara Mengobati Luka Ikan Pada Tubuh 

Rendam  Ikan Hias dengan menggunakan Gesund BL 250 selama 45-60 menit dalam wadah tersendiri, lakukan setiap hari selama 1-2 hari atau menurut kebutuhan terutama pada Ikan yang lukanya sampai mengeluarkan nanah minimal sampai nanah tidak terlihat.

Pemberiaan Gesund Safe pada wadah karantina sangat dianjurkan, setelah proses pengobatan gunakan Gesund Biotika untuk memulihkan system pencernaan.

Untuk kasus luka ringan yang belum sampai mengeluarkan nanah pengobatan cukup dengan menggunakan Gesund Blue Magic

Selama proses pengobatan, jangan menggunakan media filter kimia, misalkan carbon, ceramic ring dan batu zeloid. Penggunaan filter biologi tidak bermasalah pada pengobatan, tetapi  dapat merusak sisitem filtrasi biologi.

Penyakit Sisik Mengembung 

Penyakit  sisik mengembung disebabkan oleh  bakteri, yang ditimbulkan karena lingkungan hidup yang kurang baik, dan lingkungan tercemar sisa makanan atau sisa metabolisme.

Cara Mencegah Penyakit 

Hindari Ikan yang terkena penyakit ini dengan Ikan lain yang terinfeksi, penggunaan filtrasi yang baik, atau perawatan rutin perangkat filter dan lingkungan hidup secara berkala sesuai kemampuan kapasitas alat filtrasi.

Tanda-Tanda Penyakit

Sisik terangkat keatas dan akhirnya terkelupas

Sisik yang terinfeksi biasanya terlihat seperti duri yang berbentuk seperti pyramid

Biasanya  yang menyerang sisik akan menyebar ke seluruh tubuh.

Cara Mengobati Penyakit Ikan Sisik Menggembung

Gunakan Gesund Blue Magic dengan dosis 1 gram untuk 400 liter air untuk Ikan yang sudah terjangkit parah dengan dosis 1 gr untuk 200 liter air, selama 1-2 hari atau sampai fisik terlihat sudah sembuh.

Tambahkan Gesund Safe untuk Ikan yang sudah terjangkit parah, kemudian jika proses pengobatan selesai tambahkan Gesund Biotika

Selama proses pengobatan jangan menggunakan media filter kimia, misalkan carbon, ceramic ring dan batu zeloid. Penggunaan filter biologi tidak bermasalah pada pengobatan, tetapi dapat merusak sisitem filtrasi biologi.

Penyakit Fin Rot

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan kondisi air kotor. Sifat menular dari penyakit, gejala warna gelap atau kadang-kadang kemerahan seperti berdarah pada sirip, kemudian menyerang sirip secara bertahap menjadi habis dan bisa meruncing, dan warna pucat. Dan terjadi pembusukan parah akan merayap pada tubuh ikan.

Cara Mengobati Penyakit Ikan Fin Rot

Lakukan isolasi atau karantina pada Ikan yang sakit

Lakukan pergantian air seluruhnya, dan cuci tempat hingga benar-benar bersih

Kemudian tambahkan garam akuarium

Berikan antibiotik (Ampicillin, Super Tetra, atau sejenisnya, dengan dosis cukup 1 tetes per aquarium) atau gunakan General Tonic (bisa merk Rid All, Tetra)

Kemudian lakukan kembali pergantian air setelah 3 hari kemudian, jika masih terserang penyakit dan tidak ada tanda-tanda membaik (berhenti membusuk), maka lakukan pengulangan pengobatan lagi.

Demikian Ulasan Tentang 100 Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Pada Ikan HiasSemoga Dapat Bermanfaat Buat Para Pembaca SeputarIkan.Com Aminnn … ^_^
100 Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Pada Ikan Hias | seputarikan | 4.5