MENGENAL TENTANG IKAN PARI (Stingray)

 

SEKILAS TENTANG IKAN PARI (Stingray)
MENGENAL TENTANG IKAN PARI (Stingray)
Seputarika – Ikan pari adalah kelompok ikan yang merupakan ikan bertulang rawan sama dengan hiu. Mereka diklasifikasikan dalam subordo Myliobatoidei dari Myliobatiformes ketertiban dan terdiri dari delapan keluarga: Hexatrygonidae (ikan pari sixgill), Plesiobatidae (ikan pari air dalam), Urolophidae (stingarees), Urotrygonidae (sinar bulat), Dasyatidae (ikan pari whiptail), Potamotrygonidae (ikan pari sungai), Gymnuridae (sinar kupu-kupu), dan Myliobatidae (pari elang).

Deskripsi

Kebanyakan ikan pari memiliki satu atau lebih sengatan berduri (dimodifikasi dari dentikel kulit) pada ekor, yang digunakan secara eksklusif untuk membela diri. Stinger dapat mencapai panjang sekitar 35 cm, dan bagian bawahnya memiliki dua taring seperti alur dengan kelenjar racun. stinger ditutupi dengan lapisan tipis kulit selubung yg menutupi, di mana racun terkonsentrasi.  beberapa anggota tidak memiliki sengatan.Ikan pari yang umum di perairan laut pesisir tropis dan subtropis di seluruh dunia, dan juga termasuk spesies yang ditemukan di lautan beriklim lebih hangat, seperti Dasyatis thetidis, dan yang ditemukan di laut dalam, seperti Plesiobatis daviesi. Ubur-ubur sungai, dan sejumlah ikan pari whiptail (seperti ikan pari Niger). Kebanyakan myliobatoids yang demersal (di sebelah zona terendah), tetapi beberapa, seperti ikan pari pelagis dan pari elang. manfaat ikan pari

Karakteristik (Prilaku)

Sementara sebagian besar ikan pari relatif banyak jumlah populasinya dan saat ini tidak terancam punah, untuk beberapa spesies (misalnya Taeniura meyeni, D. colarensis, D. garouaensis, dan D. laosensis), status konservasi yang lebih bermasalah, yang menyebabkan mereka yang terdaftar sebagai rentan atau terancam punah oleh IUCN.Status beberapa spesies lain yang kurang dikenal, yang menyebabkan mereka yang terdaftar sebagai Data Kurang. Badan rata ikan pari memungkinkan mereka untuk secara efektif menyembunyikan diri di lingkungan mereka. melakukan hal ini dengan mengaduk pasir dan bersembunyi di bawahnya.

Karena mat mereka berada di atas tubuh mereka dan mulut mereka pada sisi bawah, ikan pari tidak bisa melihat mangsanya; sebagai gantinya, mereka menggunakan bau dan electroreceptors (disembut ampullae dari Lorenzini) mirip dengan hiu. ikan pari memakan terutama moluska, krustasea, dan kadang-kadang juga ikan kecil. Beberapa mulut ikan pari ‘mengandung dua gigi taring yang kuat.

Biologi

Ikan Pari adalah ovoviviparous, bantalan muda hidup dalam “dasar laut” dari lima sampai 13. Betina memegang embrio dalam rahim tanpa plasenta. Sebaliknya, embrio menyerap nutrisi dari kantung kuning telur, dan setelah kantung habis, induk menyediakan  Makanan dalam arahimnya. Baca Juga : ikan piranha
MENGENAL TENTANG IKAN PARI (Stingray) | seputarikan | 4.5