Jenis Ikan Piranha

Ikan Piranha (Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis)

Ikan Piranha (Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis)
Ikan Piranha (Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis)

Seputarikan Piranha ikan air tawar omnivora yang mendiami sungai Amerika Selatan. Di Venezuela, mereka disebut Caribes. Mereka dikenal karena gigi tajam, rahang kuat, dan rakus daging.

Taksonomi dan evolusi

 Piranha termasuk subfamili Serrasalmina, yang mencakup omnivora ikan yang berkerabat dekat seperti pacus. Secara tradisional, hanya empat genera Pristobrycon, Pygocentrus, Pygopristis, dan Serrasalmus dianggap piranha benar, karena gigi khusus mereka.
Namun, analisis terbaru menunjukkan, jika kelompok piranha adalah monofiletik, harus dibatasi untuk Serrasalmus, Pygocentrus, dan bagian dari Pristobrycon, atau diperluas untuk mencakup taksa ini ditambah Pygopristis, Catoprion, dan Pristobrycon striolatus.

Pygopristis ditemukan menjadi lebih erat terkait dengan Catoprion daripada tiga lainnya piranha genera. Jumlah spesies piranha tidak diketahui dan  spesies baru terus digambarkan. Perkiraan berkisar 30 sampai lebih dari 60.

Piranha di Venezuela

Piranha yang asli ke lembah Amazon, di Orinoco, di sungai-sungai dari Guianas, di Paraguay-Paraná, dan sistem São Francisco River.

Aquarium piranha telah berhasil diperkenalkan ke bagian Amerika Serikat. Dalam banyak kasus, menangkap piranha yang dilaporkan misidentifications pacu (misalnya, pacu merah-bellied Piaractus brachypomus sering salah diidentifikasi sebagai piranha red-bellied Pygocentrus nattereri).Piranha juga telah ditemukan di Danau Kaptai di Bangladesh tenggara. Penelitian sedang dilakukan untuk menetapkan bagaimana piranha telah pindah ke sudut jauh seperti dunia dari habitat asli mereka.

Description

Piranha biasanya panjang sekitar 14 sampai 26 cm, meskipun beberapa spesimen telah dilaporkan hingga 43 cm panjang. Serrasalmus, Pristobrycon, Pygocentrus, dan Pygopristis paling mudah dikenali oleh gigi mereka yang unik. Semua piranha memiliki satu baris gigi tajam di kedua rahang; gigi erat dikemas digunakan untuk tusuk cepat.

Gigi individu biasanya luas segitiga, menunjuk, dan seperti pisa. sebagian besar spesies, gigi yang trikuspid dengan puncak tengah yang lebih besar yang membuat gigi tampak nyata individu segitiga. Pengecualian adalah Pygopristis, yang telah pentacuspid gigi dan puncak menengah biasanya hanya sedikit lebih besar dari katup lainnya.
Ekologi

Piranha memiliki reputasi sebagai predator ganas yang memburu mangsanya dengan grombolanya. untuk perlindungan dari predator mereka sendiri, seperti kormoran, Caiman, dan lumba-lumba.

Piranha adalah “pada dasarnya seperti ikan biasa dengan gigi besar”.telah menunjukkan bahwa spesies ini makan sayur dalam kehidupan mereka, mereka bukan ikan karnivora tulen .

Piranha bertelur di lubang digali selama pemuliaan dan berenang di sekitar untuk melindungi mereka. Yang baru menetas pakan muda pada zooplankton, dan akhirnya beralih ke ikan kecil sekali cukup besar.

Serangan

Serangan yang mengakibatkan kematian yang terjadi di cekungan Amazon. Pada tahun 2011, seorang pria mabuk 18 tahun diserang dan dibunuh di Rosario del Yata, Bolivia. Pada tahun 2012, seorang gadis Brasil lima tahun diserang dan dibunuh oleh kawanan P. nattereri. Beberapa sungai Brasil telah di beri tanda-tanda peringatan tentang piranha mematikan.

Pada tahun 2011, di negara bagian Brasil Piauí, serangan brutal dan berulang mengakibatkan 100 orang terluka. di negara bagian São Paulo, serangan lain di Tietê sungai mengakibatkan 15 orang luka-luka. di kota Palmas, Tocantins, 190 serangan piranha dilaporkan pada semester pertama tahun 2007. pada 25 Desember 2013, 70 bathers diserang di Argentina.

Menurut sebuah penelitian di Suriname, serangan piranha cenderung memuncak pada musim kemarau ketika makanan relatif langka dan ketinggian air lebih rendah, yang menyebabkan berat daripada konsentrasi biasanya ikan di air.

Serangan Fatal cenderung langka, dan sebagian besar serangan berbentuk nips individu dan gigitan ke ekstremitas seperti kaki dan tangan. ombak cenderung membuat piranha lebih mungkin untuk menyerang, dan anak-anak sering diserang karena alasan ini.

Reputasi legendaris

Berbagai mitos yang ada tentang piranha, seperti bagaimana mereka dapat merusak tubuh manusia atau ternak dalam hitungan detik. Mitos ini merujuk secara khusus untuk piranha red-bellied. Sebuah mitos berulang adalah bahwa mereka dapat tertarik oleh darah dan secara eksklusif karnivora.

Sebuah mitos Brasil yang disebut “sapi piranha” menyatakan bahwa mereka menyapu sungai dengan kecepatan tinggi dan menyerang yang pertama dari ternak memasuki air, yang memungkinkan seluruh kelompok untuk melintasi sungai. mitos ini diujar melalui penelitian oleh Helder Queiroz dan Anne Magurran dan diterbitkan dalam Biology Letters.

Namun demikian, studi di Suriname menemukan bahwa piranha terkadang menyerang manusia, terutama ketika kadar air rendah.

Jenis Ikan Piranha | seputarikan | 4.5