Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Ikan Betta

Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Ikan Betta

Ikan Betta adalah genus besar dari kecil, sering berwarna-warni, air tawar pari ikan dalam keluarga ikan gurami (Osphronemidae). Sejauh spesies Betta terkenal, bagaimanapun, adalah B. splendens, ikan pertempuran Siam.

Keterangan Fisik

Semua spesies Betta adalah ikan kecil, tetapi mereka bervariasi dalam ukuran, mulai dari di bawah 2,5 cm  panjang total di B. chanoides 12,5 cm .
Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Ikan Betta
Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Ikan Betta

 Betta adalah anabantoids, yang berarti mereka dapat menghirup udara atmosfer menggunakan organ unik yang disebut labirin. Akun ini untuk kemampuan mereka untuk berkembang dalam kondisi air rendah oksigen yang akan membunuh sebagian besar ikan lainnya, seperti sawah, bergerak lambat sungai, selokan drainase, dan genangan air besar.

Berbagai betta dapat dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan perilaku pemijahan mereka. beberapa sarang gelembung membangun, seperti B. splendens, sementara yang lain mouthbrooders, seperti B. picta. Spesies mouthbrooding kadang-kadang disebut “pseudo bettas”, dan kadang-kadang berspekulasi telah berevolusi dari sarang-pembangun dalam adaptasi terhadap aliran habitat bergerak cepat.

Penetapan Nama

Banyak kebingungan dalam terminologi sering terjadi mengenai ikan ini. Betta splendens, B. splendens, sering dijual di Amerika Serikat sebagai “bettas”. Peternak ikan dengan demikian seringkali tidak menyadari bahwa, pada 2006, sekitar 65 spesies diklasifikasikan dalam genus Betta.

Sumber lain kebingungan bahwa sementara nama generik Betta dikapitalisasi, bila digunakan sebagai nama umum biasanya tidak dikapitalisasi.

Nama Betta bagian pertama adalah sama dengan kata taruhan Inggris. Dengan kebingungan dengan nama huruf Yunani beta, nama ini sering diucapkan “beɪtə” dalam bahasa Inggris Amerika, dan mungkin salah eja dengan satu ‘t’.

Nama genus ini tidak berhubungan dengan yang huruf Yunani, yang berasal dari kata Melayu ikan betah “ikan terus-menerus”.

Habitat 

Betta adalah ikan air tawar asli dari Thailand dan Kamboja. betta liar sering dapat ditemukan di sebuah kolam kecil, sungai, atau drain.

Diet / Makan

Ikan liar Betta yang kuat dan bisa makan hampir apa pun di lingkungan mereka, termasuk cacing, larva nyamuk atau serangga lainnya, dan ikan yang lebih kecil. Lingkungan alam mereka sering terbatas sumber daya, begitu banyak spesies Betta memiliki sedikit pilihan makanan.

Konservasi 

Sementara banyak spesies Betta yang umum dan Betta. splendens mana-mana dalam perdagangan akuarium, betta lainnya terancam punah. Daftar Merah IUCN mengklasifikasikan beberapa spesies Betta sebagai Rentan. Selain itu, B. livida adalah Langka, dan B. miniopinna, B. Persephone, dan B. spilotogena yang terancam punah.

United Nations Environment Programme daftar spesies yang belum dikonfirmasi, Betta lih tomi, sebagai telah punah di Singapura antara tahun 1970 dan 1994. Hal ini mungkin mengacu pada populasi Singapura punah dari B. tomi, yang terus ada di alam liar ditangkap di Indonesia dan Malaysia, serta di penangkaran. Daftar Merah mengklasifikasikan sebagai Rentan dengan kematian.

Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Ikan Betta | seputarikan | 4.5