Ini Penting !!! Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

SeputarIkan.Com – Minyak ikan berasal dari jaringan spesies ikan berminyak tertentu. Awalnya, minyak ikan yang diambil dari lemak ikan paus. Kemudian minyak juga diambil dari ikan dan hewan laut lainnya. Minyak ikan mengandung omega-3 asam lemak, asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), yang merupakan prekursor untuk eicosanoid yang mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

1. Meningkatkan kemampuan anak untuk membaca

Sebuah studi di University of Oxford, Inggris, yang melibatkan 362 anak usia 7-9 tahun, mengungkapkan manfaat omega-3 pada kemampuan anak untuk membaca. Responden ini diberikan suplemen minyak ikan sebagai sumber omega-3 dengan dosis 600 mg selama 16 minggu.

Jumlah itu tidak signifikan untuk sampel secara keseluruhan. Meski begitu, setelah rutin mengkonsumsi makanan sumber omega-3, kemampuan membaca anak-anak yang awalnya rendah dan kemudian meningkat dalam tiga minggu dibandingkan dengan anak-anak yang menerima plasebo atau suplemen tidak memiliki zat aktif.

2. Gigi dan gusi yang sehat

Minyak ikan tidak hanya berguna untuk kecerdasan anak. Penelitian dari Jepang menunjukkan bahwa minyak ikan juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition mengungkapkan bagaimana para relawan yang mengonsumsi minyak ikan selama lima tahun, itu jarang memiliki masalah dengan gigi dan gusi.

Para peneliti dari Jepang menemukan rendahnya asupan asam lemak esensial omega 3-(EFA) dan docosahexaenoic acid meningkatkan kemungkinan perkembangan penyakit periodontal.

3. Mengurangi keinginan untuk makan junk food

Dari 185 penelitian yang telah dilakukan ternyata terlihat, suplemen minyak ikan dapat meminimalkan efek junk food pada otak. Fakta ini diperoleh setelah tim peneliti dari University of Liverpool dianalisis studi yang dilakukan di seluruh dunia untuk menentukan bukti manfaat suplemen asam lemak omega-3.

4. Lindungi diri dari polusi

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2012 dan di Amerika Serikat, minyak ikan dapat melindungi diri dari polusi. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan menawarkan perlindungan terhadap kesehatan jantung, terutama bagi mereka yang sering terkena polusi udara di perkotaan.

5. Mengurangi gejala osteoarthritis

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Bristol, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mengurangi t-t dan gejala osteoarthritis.

6. Meningkatkan pembakaran lemak

Peter Howe dan rekan-rekannya di University of South Australia menemukan bahwa kombinasi suplemen minyak ikan dan olahraga bisa membakar lemak tubuh cepat.

7. Meningkatkan daya dan memori otak

Para peneliti menemukan hubungan positif antara suplemen minyak ikan dan fungsi kognitif, serta perbedaan struktur otak antara pengguna dan non-pengguna dari suplemen minyak ikan. Kekurangan asam lemak omega-3 membuat usia otak seseorang lebih cepat dan kehilangan kemampuan untuk berpikir.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan tulang . Para peneliti membandingkan efek dari omega-6 DPA dan DHA omega-3 dalam pertumbuhan tulang pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang diberi suplemen omega-6 memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan tikus yang diberi suplemen omega-3.

Baca Juga :

Sumber : merdeka.com
Demikian Ulasan Tentang Ini Penting !!! Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh Semoga bermanfaat Bagi Seluruh Pembaca SeputarIkan.Com Aminnn … ^_^
Ini Penting !!! Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh | seputarikan | 4.5