Ikan Hias Laut Cocok Dalam Akuarium Moorish idol

Seputarikan.Com – Moorish idol, Zanclus cornutus, adalah spesies ikan laut kecil, perwakilan masih ada satu-satunya dari keluarga Zanclidae. Sebuah penghuni umum dari tropis ke subtropis terumbu dan laguna, Moor Idol adalah penting untuk distribusi yang luas di seluruh Indo-Pasifik. genus Heniochus. Hal ini berkaitan erat dengan keturunan langsung dari, para brevirhostris Eozanclus yang telah punah, dari Eosen Tengah dari Monte Bolca.
Ikan Hias Laut Moorish idol

Ikan Hias Laut Cocok Dalam Akuarium Moorish idol

Moorish idol mendapat namanya dari bangsa Moor dari Afrika, yang konon diyakini ikan menjadi pembawa kebahagiaan. Moor Idol juga ikan akuarium yang populer, tetapi meskipun popularitas mereka, mereka terkenal karena rentang hidup di akuarium pendek dan sensitivitas ‘Dalam akuarium’.

Deskripsi Fisik

Dengan tubuh khas dikompresi dan disk seperti, berhala Moor menonjol dalam kontras hitam, putih, dan kuning, yang membuat mereka menarik jadi penjaga akuarium. Ikan memiliki sirip yang relatif kecil, kecuali untuk sirip punggung, yang enam atau tujuh duri yang dramatis memanjang untuk membentuk trailing, berbentuk sabit puncak yang disebut ekstensi philomantis.

Berhala Moor memiliki mulut terminal kecil di ujung panjang, moncong banyak gigi bulu panjang mirip garis mulut. Idola Moor berbeda dari butterflyfish dalam memiliki, sirip dubur yang menonjol hitam segitiga.

Mata ditetapkan tinggi pada tubuh ikan sangat keeled; pada orang dewasa, benjolan jelas berada di atas masing-masing. Sirip dubur mungkin memiliki dua atau tiga duri. Berhala Moor mencapai panjang maksimal 23 cm. Duri punggung sabit.

Habitat

Umumnya penghuni perairan dangkal, Moor Idol lebih memilih terumbu datar. Ikan dapat ditemukan pada kedalaman 3-180 m, baik dalam kondisi keruh dan jernih. Jangkauan mereka meliputi Afrika Timur, Samudera Hindia dan Kepulauan Ducie, Hawaii, Jepang selatan, dan semua Mikronesia; mereka juga ditemukan dari Teluk selatan California selatan ke Peru.

Diet/Makan

Makan mereka biasanya polip karang, tunicates, dan invertebrata bentik lainnya merupakan bagian terbesar dari diet idola Moor di alam liar. Berhala Moor Captive biasanya adalah pemakan sangat pemilih. Mereka akan baik makan apa-apa (umum) dan binasa atau makan segala sesuatu (jarang).

Perilaku

Sering terlihat sendirian, Moor Idol juga membentuk pasangan atau kelompok kadang-kadang kecil, terutama waktu remaja. Mereka adalah ikan diurnal, menempel ke bagian bawah karang di malam hari, mengadopsi warna menjemukan. Seperti ikan kupu-kupu, mereka kawin seumur hidup. jantan dewasa menampilkan agresi terhadap satu sama lain.

Reproduksi

Moor Idol adalah petelur pelagis. yaitu, mereka melepaskan telur dan sperma di kolom air, meninggalkan telur dibuahi untuk hanyut dengan arus. Kisaran ikan ini dapat dijelaskan oleh tahap larva yang luar biasa panjang. Ikan mencapai panjang 7,5 cm sebelum menjadi remaja bebas berenang.

Di Akuarium

Perbandingan tiga ikan sangat mirip: idola Moor, kelompok bannerfish, dan umbul coralfish. Berhala Moor yang sangat sulit untuk mempertahankan di penangkaran. Mereka membutuhkan Akuarium besar, sering melebihi 100 galon air. adalah pemakan rakus, dan dapat menjadi destruktif.

Cantik ya …. ??? 🙂 Sungguh indah ciptaan NYA .. 🙂 Ikan Hias Laut Cocok Dalam Akuarium Moorish idol
Ikan Hias Laut Cocok Dalam Akuarium Moorish idol | seputarikan | 4.5