Ikan Baramundi

Ikan Baramundi (Lates calcarifer)
Ikan Baramundi (Lates calcarifer)

Ikan Baramundi

Seputarikan Barramundi atau seabass Asia (Lates calcarifer) merupakan jenis ikan catadromous dalam keluarga Latidae order Perciformes. Spesies ini didistribusikan secara luas di wilayah Indo-Pasifik Barat, dari Teluk Persia, melalui Asia Tenggara ke Papua Nugini dan Australia Utara.
Dikenal dalam bahasa Thailand sebagai pla Kapong, sangat populer dalam masakan Thailand. Barramundi adalah loanword dari bahasa Aborigin Australia daerah Rockhampton di Queensland dead link yang berarti “ikan sungai skala besar”. Awalnya, nama barramundi disebut saratoga dan Gulf saratoga.
Namun, nama itu disesuaikan untuk alasan pemasaran selama tahun 1980, sebuah keputusan yang telah membantu dalam meningkatkan profil dari ikan ini secara signifikan. L. calcarifer secara luas disebut sebagai Asian seabass oleh komunitas ilmiah internasional, tetapi juga dikenal sebagai seabass Australia, dan dengan berbagai nama dalam bahasa lain, seperti ikan siakap dalam bahasa Melayu, ikan kakap putih di Indonesia, apahap di Tagalog (Filipina), dan Kapong pla di Thailand.

Biologi

Spesies ini memiliki bentuk tubuh memanjang dengan besar, mulut agak miring dan rahang atas belakang mata. Tepi bawah preoperculum yang bergerigi dengan tulang belakang yang kuat di sudutnya; operkulum memiliki tulang kecil dan flap bergerigi atas garis lateral. Tubuh ikan ini bisa mencapai hingga 1,8 m panjang, meskipun bukti dari mereka yang tertangkap pada ukuran ini langka. Berat maksimum adalah sekitar 60 kg .
Panjang rata-rata sekitar 0,6-1,2 m . Barramundi adalah demersal, menghuni perairan pantai, muara, laguna, dan sungai; mereka susah ditemukan dalam air keruh, biasanya dalam kisaran suhu 26-30 ° C. Spesies ini tidak melakukan migrasi luas dalam atau di antara sistem sungai, yang mungkin mempengaruhi pembentukan saham genetika.

Habitat

Siklus hidup. Barramundi memakan krustasea, moluska, dan ikan kecil (termasuk spesies sendiri); remaja memakan zooplankton. Barramundi adalah euryhaline, tapi stenothermal. Ini mendiami sungai dan turun ke muara dan flat pasang surut untuk bertelur.
Di daerah-daerah terpencil dari air tawar, populasi murni laut. Sangat dihargai oleh pemancing untuk kemampuan bertarung yang baik, barramundi yang terkenal baik untuk menghindari jaring dan terbaik tertangkap dengan umpan memancing. Di Australia, barramundi dibudidaya di dalam waduk air tawar sguna untuk rekreasi memancing.
Ikan Baramundi | seputarikan | 4.5