Ikan Aligator Arapaima

Ikan Arapaima (Arapaima gigas) – Arapaima dapat mencapai panjang lebih dari 2 m, dalam beberapa kasus luar biasa bahkan lebih dari 2,5 m  dan lebih dari 100 kg. maksimum yang terdaftar berat untuk spesies adalah 200 kg, sedangkan dicatat panjang terpanjang adalah 4.52 m.
Sebagai salah satu jenis ikan makanan yang paling dicari di Amerika Selatan, sering ditangkap terutama oleh jaring genggam untuk ekspor, dengan spearfishing untuk konsumsi lokal, dan akibatnya, arapaima besar lebih dari 2 m  jarang ditemukan di alam liar saat ini.

 

Ikan Arapaima (Arapaima gigas)
Ikan Arapaima (Arapaima gigas)

Arapaima ini torpedo berbentuk sisik kehitaman hijau besar dan tanda merah. Hal ini efisien dan ramping, dengan sirip punggung dan anal yang ditetapkan belakang dekat ekor. Nama lokalnya, paiche, berasal dari kata asli untuk “merah” dan “ikan”.

Biologi

Sisik Arapaima memiliki sangat termineralisasi, lapisan luar sangat keras dengan permukaan bergelombang di mana terletak beberapa lapisan serat kolagen Dalam struktur yang mirip dengan kayu lapis, serat di setiap lapisan berturut-turut berorientasi pada sudut kanan dengan yang di sebelumnya. lapisan untuk ketangguhan maksimal.
Permukaan keras bergelombang dari lapisan luar, lapisan kolagen orthogonal internal yang lembut tapi tangguh, dan hidrasi timbangan semua berkontribusi untuk kemampuan mereka untuk melenturkan dan merusak namun tetap kuat-solusi yang memungkinkan ikan untuk tetap selular saat berat lapis baja.
Arapaima memiliki ketergantungan mendasar pada udara permukaan untuk bernapas. Selain insang, memiliki gelembung renang dimodifikasi dan diperbesar, terdiri dari jaringan paru-paru seperti, yang memungkinkan untuk mengekstrak oksigen dari udara.
Ini merupakan adaptasi terhadap kondisi hipoksia sering dari dataran Amazon, tetapi membutuhkan arapaima untuk permukaan untuk udara setiap 5 sampai 15 menit.bKecenderungan ini tinggal di permukaan membuatnya lebih rentan terhadap serangan dari nelayan.

Ekologi 

Diet arapaima terdiri dari ikan, krustasea, dan bahkan hewan darat kecil yang berjalan di dekat pantai. Ikan adalah udara nafas, menggunakan organ labirin, yang kaya akan pembuluh darah dan membuka ke mulut ikan, keuntungan dalam air kekurangan oksigen yang sering ditemukan di Sungai Amazon.
Ikan ini karena itu mampu bertahan di danau oxbow dengan oksigen terlarut serendah 0,5 ppm. Di lahan basah dari Araguaia, salah satu pengungsi yang paling penting untuk spesies ini, itu adalah predator puncak di danau tersebut selama musim air rendah, ketika danau terisolasi dari sungai dan kadar oksigen drop, render mangsanya lesu dan rentan .

Reproduksi

Karena rentang geografis arapaima menghuni, siklus hidup hewan sangat dipengaruhi oleh banjir musiman. Arapaima meletakkan telur-telurnya selama bulan-bulan ketika tingkat air rendah atau mulai meningkat. Mereka membangun sarang sekitar 50 cm dan lebar 15 cm, biasanya di daerah berlumpur-rangkap.
Ketika air naik, telur menetas dan keturunannya memiliki musim banjir untuk makmur, selama bulan Mei hingga Agustus.Oleh karena itu, pemijahan tahunan diatur musiman. arapaima laki-laki seharusnya mouthbrooder, seperti saudaranya, Osteoglossum, yang berarti kaum muda dilindungi dalam mulutnya sampai mereka lebih tua. arapaima perempuan membantu melindungi laki-laki dan kaum muda dengan melingkari mereka dan menangkis predator potensial.
Dalam bukunya The Whispering Land, naturalis Gerald Durrell melaporkan mendengar kisah di Argentina yang arapaima perempuan telah terlihat mengeluarkan zat putih dari kelenjar di kepala dan bahwa anak-anak mereka telah dicatat tampaknya makan pada substansi.

Konservasi 

Status populasi arapaima di Amazon River Basin tidak diketahui, karena itu tercantum pada daftar merah IUCN sebagai Data Kurang. Sulit untuk melakukan sensus penduduk di suatu daerah begitu besar, dan juga bermasalah untuk memantau tangkapan dalam perdagangan yang sebagian besar ilegal.
Namun, sebuah studi 2014 menemukan bahwa ikan itu habis atau dieksploitasi secara berlebihan pada 93% dari situs diperiksa dan dikelola dengan baik atau unfished hanya 7%; ikan tampaknya punah di 19% dari situs-situs tersebut. Arapaima sangat rentan terhadap penangkapan ikan yang berlebihan karena ukuran mereka dan karena mereka harus muncul secara berkala karena obligat sifat bernapas mereka.
Ikan Aligator Arapaima | seputarikan | 4.5