Giant Trevally

Giant Trevally

Sekilas Tentang Ikan Giant Trevally
Sekilas Tentang Ikan Giant Trevally

Seputarikan Giant trevally, (juga dikenal sebagai kingfish raksasa, GT), adalah spesies ikan laut besar diklasifikasikan ke dalam keluarga jack, Carangidae. giant trevally raksasa tersebar ke seluruh perairan tropis wilayah Indo-Pasifik, dengan rentang yang membentang dari Afrika Selatan di barat ke Hawaii di timur, termasuk Jepang di utara dan Australia di selatan.

Hal ini dibedakan oleh profil yang curam kepala, sisik ekor yang kuat, dan berbagai fitur anatomi yang lebih rinci lainnya. Hal ini biasanya warna keperakan dengan bintik-bintik gelap sesekali, tapi pejantan mungkin akan lebuh menghitam setelah mereka dewasa.

Ini adalah ikan terbesar, tumbuh ke ukuran maksimum yang dikenal dari 170 cm dan berat 80 kg. giant trevally raksasa mendiami berbagai lingkungan laut, dari muara, teluk dangkal dan laguna sebagai anak-anak ke terumbu yang lebih dalam. Remaja dari spesies yang diketahui hidup di perairan salinitas yang sangat rendah seperti danau pesisir dan hulu sungai, dan cenderung memilih air yang keruh.

Giant trevally raksasa adalah predator puncak yang kuat di sebagian besar habitatnya, dan dikenal untuk berburu secara individual. Spesies ini dominan mengambil berbagai ikan sebagai mangsa, meskipun krustasea, moluska cumi.

Spesies ini memiliki beberapa strategi berburu cukup ampuh dan unik, termasuk membayangi daerah teritorial ikan predator lain namun ketikan sudah merasa dirinya terdesak dia lebih melarikan diri, serta menggunakan hiu untuk menyergap mangsanya.
Spesies ini berkembang biak dalam musim panas, dengan puncak yang berbeda menurut wilayah. Pemijahan terjadi pada tahap tertentu dari siklus bulan, ketika sekelompok besar berkumpul untuk bertelur di daerah terumbu karang dan teluk, dengan perilaku reproduksi yang diamati di alam liar.

Ikan tumbuh relatif cepat, mencapai panjang sekitar 60 cm pada usia tiga tahun. giant trevally raksasa adalah kedua spesies penting untuk perikanan komersial dan gamefish diakui, dengan spesies yang diambil oleh jaring dan garis oleh para nelayan profesional dan dengan umpan oleh pemancing. hasil tangkapan mencapai statistik Asia 4000-10 000 ton, sementara sekitar 10.000 spesies diambil di Hawaii setiap tahun.

Giant trevally raksasa pertama dijelaskan secara ilmiah oleh naturalis Swedia Peter Forsskål tahun 1775 berdasarkan spesimen yang diambil dari Laut Merah dari kedua Yaman dan Arab Saudi, dengan salah satu yang ditunjuk untuk menjadi holotipe. Ia menamai spesies tawar ignobilis, dengan julukan Latin “tercela”.

Ia ditugaskan untuk makarel genus tawar, di mana banyak carangids ditempatkan sebelum mereka digolongkan sebagai keluarga yang terpisah.

Profil dari Giant Trevally raksasa dewasa adalah anggota terbesar dari genus Caranx, dan anggota terbesar kelima dari keluarga Carangidae (melebihi oleh amberjack kuning, amberjack besar, leerfish dan pelari pelangi), dengan panjang maksimum yang terdaftar dari 170 cm dan berat 80 kg.

Spesimen ukuran ini sangat langka, dengan spesies hanya kadang-kadang terlihat pada panjang lebih dari 80 cm. Giant Trevally yang mirip dalam bentuk dengan sejumlah ikan besar lainnya dan trevallies, memiliki ovate, agak compress tubuh dengan bentuk punggung lebih cembung daripada bentuk ventral, khususnya anterior.

Sirip punggung dalam dua bagian, yang pertama terdiri dari delapan duri dan yang kedua dari satu tulang belakang diikuti oleh 18 sampai 21 duri lunak. Sirip dubur terdiri dari dua duri anterior terpisah diikuti oleh salah satu tulang belakang dan 15 sampai 17 duri lunak. sirip perut mengandung 1 tulang belakang dan 19 sampai 21 duri lunak.

Sirip ekor sangat bercabang, dan sirip dada yang berbentuk sabit, menjadi lebih panjang dari kepala. Garis lateral memiliki lengkungan anterior digambarkan dan agak panjang, dengan bagian melengkung memotong bagian lurus di bawah lobus dari sirip punggung kedua. Bagian melengkung dari garis lateral mengandung 58-64 skala,

Pada ukuran kurang dari 50 cm, Giant Trevally raksasa adalah ikan abu-abu keperakan, dengan kepala dan tubuh bagian atas sedikit lebih gelap pada kedua jenis kelamin.

Dalam pewarnaan mereka, dengan pejantan memiliki kehitaman untuk motif badan-hitam, sementara betina adalah berwarna abu-abu keperakan Individu jauh lebih kecil. dengan gelap dorsal pewarnaan sering juga menampilkan striations keperakan mencolok dan tanda-tanda pada bagian atas tubuh mereka, terutama punggung mereka.

Titik hitam dari beberapa milimeter dengan diameter juga dapat ditemukan tersebar di seluruh tubuh, meskipun cakupan titik-titik ini bervariasi antara luas untuk tidak sama. Semua sirip umumnya abu-abu terang sampai hitam, meskipun ikan yang diambil dari air yang keruh sering memiliki sirip kekuningan, dengan sirip menjadi terang.

Giant Trevally | seputarikan | 4.5