Binatang Hias Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus Annularis)

Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus Annularis)

Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus Annularis)
Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus Annularis)

Seputarikan Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus annularis) hidup di wilayah Indo-Pasifik mulai dari Sri Lanka ke Kepulauan Solomon dan dari Filipina ke ujung utara Australia. Biasanya kisaran ini adalah dari 25 derajat utara sampai 25 derajat selatan.

Bluering angelfish (Pomacanthus annularis) adalah angelfish keluarga Pomacanthidae, ditemukan di lautan Indo-Pasifik Barat dari Afrika Timur, di seluruh Indonesia dan Guinea ke Kaledonia Baru, utara ke selatan Jepang. Ini memiliki kemiripan yang cukup untuk Kaisar Angelfish dalam hal ini mengalami perubahan dalam mewarnai dalam perkembangannya sejak muda hingga jatuh tempo.

Kaum muda dari angelfish bluering yang pada awalnya biru gelap, hampir hitam, dengan pirus luas dan garis-garis vertikal putih. Dewasa akan menunjukkan warna violet dengan tanda setengah lingkaran pada bagian tengah tubuh.

Habitat 

Kawasan air asin tropis atau laut Aquatic Bioma bentik terumbu pesisir rentang kedalaman 3 sampai 30 m. Dalam akuarium bluering angelfish yang suka alga tetapi mengkonsumsi ikan dan daging karang juga. Mereka dikenal untuk makan udang dan memakan karang muda polyped besar dan kecil karang batu polyped.

Aquarists karang secara keseluruhan paling berpengalaman tidak merekomendasikan menjaga spesies ini di akuarium karang karena kebiasaan ini. Biogeografi Kawasan oriental asli australian native indian ocean native laut pasifik asli habitat.

Deskripsi Fisik 

Dewasa P. annularis adalah oranye gelap untuk warna coklat dengan sirip ekor putih, tumbuh hingga 12 inci panjang, kepala ke sirip ekor dan monomorfik antara kelamin. Lembut punggung tulang belakang, berjumlah 20-21 berada lebih lama dari normal sehingga mereka memperpanjang lebih jauh dari sisa tulang punggung. Ada juga 13 Duri punggung dengan sirip punggung yang terus menerus, tiga duri anal dan 20 duri lunak.

Dewasa bluering angelfish memiliki biru, garis lengkung horizontal yang membentang dari bagian belakang kepala / daerah sirip panggul ke dorsal dan sirip ekor. Juga ada dua garis-garis biru yang melintasi wajah, salah satunya melalui mata dan yang lainnya di bawah ini. Akhirnya, cincin biru muncul di mana ia mendapat nama umum nya berada di atas dan di belakang operculum.

Pengembangan 

Larva menetas saat matahari terbenam hari dan berenang dengan plankton selama satu bulan sebelum berkembang menjadi remaja. Ikan jenis ini tidak dapat berkembang biak dengan baik di penangkaran karena larva tidak dapat bertahan hidup. Ikan dianggap hermafrodit protogynous, artinya pada awal kehidupan semua perempuan.

Kemudian pengembangan terus ikan yang lebih besar menjadi laki-laki. Juga selama pengembangan perubahan drastis terjadi pada pola pewarnaan remaja P. annularis untuk orang dewasa. Para remaja mulai dengan bergantian, garis-garis biru dan putih vertikal pada latar belakang hitam.

Pola warna ini mirip dengan semua angelfish besar dan P. annularis remaja sering salah diidentifikasi sebagai P. chrysurus. Namun, sirip ekor transparan dalam bluering angelfish tapi berwarna kuning di P. chrysurus.
Kemudian saat mereka tumbuh menjadi dewasa, garis-garis biru dan putih vertikal menghilang, para memutihkan sirip ekor, dan latar belakang menjadi oranye gelap sampai coklat. Horisontal, garis biru melengkung juga muncul dan berjalan dari bagian belakang kepala / daerah sirip panggul ke ekor dan sirip punggung.

Siklus Hidup Metamorfosis/Reproduksi 

Untuk anggota dari genus Pomacanthus, pemijahan biasanya dimulai dengan timbulnya senja dan diduga dipicu oleh penurunan cahaya. Namun tidak diketahui apakah ada hubungan antar waktu atau dengan siklus lunar dan terjadinya pemijahan di angelfish.

Ikan dewasa memiliki ritual pacaran yang berakhir pada pria dan wanita perlahan berenang menuju permukaan air dan melepaskan telur dan sperma. Larva kemudian berenang dengan plankton selama sebulan sebelum melanjutkan pembangunan.

Pemijahan diperkirakan berlangsung antara satu pria dan satu perempuan pada suatu waktu, tapi laki-laki mungkin kawin dengan lebih dari satu perempuan dengan kelompok.
Binatang Hias Ikan Bluering Angelfish (Pomacanthus Annularis) | seputarikan | 4.5