Banggai Cardinalfish (Pterapogon Kauderni)

Banggai Cardinalfish (Pterapogon kauderni)

Banggai cardinal fish (Pterapogon kauderni) adalah ikan tropis yang kecil keluarga Apogonidae. Ini adalah satu-satunya anggota dari genus Pterapogon, dengan pengecualian Pterapogon mirifica. Ikan ini menarik populer dalam perdangan ikan akuarium. Ini adalah salah satu ikan laut relatif sedikit telah dibesarkan secara teratur di penangkaran, namun jumlah yang signifikan ditangkap di alam liar dan sekarang spesies yang terancam punah.
Banggai cardinalfish (Pterapogon kauderni)
Banggai cardinalfish (Pterapogon kauderni)

 

Spesies ini dibatasi untuk Kepulauan Banggai Indonesia. Spesies ini memiliki jangkauan yang sangat terbatas geografis 5.500 km ² dan ukuran total populasi kecil diperkirakan 2,4 juta Banggai cardinal fish terdiri dari populasi terisolasi terkonsentrasi.

Sebuah populasi kecil juga terjadi Sulawesi Tengah, dalam Luwuk pelabuhan. Satu populasi tambahan telah menjadi mapan di Selat Lembeh (Sulawesi Utara), 400 km sebelah utara dari daerah alami distribusi spesies.

Keterangan

Spesies ini tumbuh hingga 8 cm panjang. Hal ini mudah dibedakan dari semua cardinalfish lain dengan sirip punggung pertama berkuncir yang, memanjang anal dan sirip punggung kedua, sirip ekor sangat cagak, dan pola warna yang terdiri dari tiga bar hitam di kepala dan tubuh dan menonjol tepi anterior hitam pada dubur dan sirip punggung kedua jantan dapat dibedakan dari betina dengan rongga mulut mencolok diperbesar, yang hanya terlihat ketika mereka merenung.

Ekologi

Banggai cardinalfish adalah satu-satunya anggota keluarga nya yang diurnal. Ini adalah ikan demersal laut tropis yang membentuk kelompok yang stabil dari sekitar 9 anggota di perairan dangkal, yang paling umum pada 1,5 sampai 2,5 meter di kedalaman.

Ini mendiami berbagai habitat dangkal, termasuk terumbu karang, padang lamun, dan daerah terbuka pasir dan puing-puing. Hal ini paling sering terjadi pada habitat tenang di sisi dilindungi dari pulau-pulau yang lebih besar.
Kawin

Banggai cardinalfish secara seksual monomorfik. Pasangan membentuk sampai dua minggu sebelum pemijahan. Betina-laki-laki dari pembentukan pasangan sampai pemijahan. Ukuran betina menentukan fekunditas dan ukuran telur, tapi ukuran laki-laki menentukan hasil reproduksi, atau jumlah telur yang dihasilkan pasangan.

Oleh karena itu, pasangan cenderung terjadi di antara individu ukuran yang sama, sehingga laki-laki dapat merawat semua telur yang dihasilkan betina.

Pemilihan Pasangan

Cardinal fish betina dan jantan saling selektif. Betina telah diamati laki-laki selama berhubungan lebih besar lebih intensif.

Reproduksi

Ketika laki-laki menerima perempuan, perempuan meneluarkan telur dari papilla urogenitial. Perempuan cardinal fish Banggai menghasilkan kopling relatif kecil, yang terdiri dari tidak lebih dari sembilan puluh telur yang 2-3 milimeter dengan diameter.

Setelah sekitar tiga-perempat dari telur massa menonjol dari perempuan, laki-laki mengambil telur dari dia.Proses ini segera, mengambil tidak lebih dari dua detik.

Telur mungkin akan hilang dalam proses jika laki-laki turun, seperti yang biasanya langsung dikonsumsi oleh ikan lain di daerah sekelilingnya.

Banggai Cardinalfish (Pterapogon Kauderni) | seputarikan | 4.5