10 Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh

Seputarikan.Com – Kepiting adalah Salah satu seaffod yang dapat di olah dalam berbagi jenis masakan, Selain rasanya yang gurih, lezat ternyata kepiting juga kaya akan manfaat bagi tubih kita asalkan dengan cara pengolahan yang baik dan tepat, Serte mengkonsumsinya dengan aturan yang tepat juga. Simak ulasan berikut tentang – 10 Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh 

Manfaat Kepiting
Manfaat Kepiting

Berikut Adalah Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan :

1. Vitamin B12
Vitamin B12 membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Selain itu juga mendukung fungsi kerja otak. Menurut National Institutue of health, mendapat kandungan vitamin B12 juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

2. Protein

Kandungan protein yang tinggi berperan sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, serta pembentuk sistem kekebalan tubuh.

3. Asam lemak omega 3

Kandungan asam lemak omega-3 pada kepiting berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Selenium

Kandungan selanium dalam kepiting berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung.
5. Copper

Kandungan copper dalam kepiting berfungsi sebagai komponen enzim redox, membantu pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.

6. Zinc

Kandungan Zinc dalam kepiting berfungsi sebagai komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, serta mencegah kerontokan rambut.

7. Lemak Jenuh

Lemak Jenuh yang terdapat dalam kepitng sangat rendah 0,2 gr/ 100 gr, Jadi sangat baik untuk kita yang sedang menjalankan program diet.

8. Manfaat Kepiting Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi daging kepiting dari 1-2x seminggu sejak awal kehamilan dapat membuat otak bayi menjadi lebih cerdas. Daging kepiting mengandung kandungan protein (18g / 100g daging), kaya akan kalsium (89 g / 100g daging), tetapi rendahnya tingkat kolesterol atau lemak dibandingkan dengan makanan laut lainnya.

Kepiting juga mengandung EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) merupakan komponen asam lemak Omega-3 yang penting dalam pembentukan sel otak janin membran jumlah 0,3 gram.

Jadi untuk ibu hamil jangan takut untuk makan daging karena ternyata makan kepiting kepiting bagi ibu hamil adalah luar biasa banyak manfaat untuk perkembangan otak bayi nantinya.

Tips Sehat Konsumsi Kepiting

Di anjurkan untuk tiadak mengolah kepiting dengan cara digoreng

Walaupu terkadapat kandungan vitamin yang bermanfaat, Di dalam kepiting juga terdapat kandungan kolesterol yang tinggi yaitu 76 mg/ 100gr. Jadi. Mengng konsumsi kepiting Cukup dengan ukuran sedang untuk mendapatkan manfaatnya memenuhi asupan kolesterol 300 mg.

Kandungan basa purin dalam kepiting dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jadi bagi penderita penyakit asam urat atau gout di sarankan untuk menghindari konsumsi kepiting.

Kepiting cangkang lunak/soka, kulitnya untuk tidak di buang, karena nilai nutrisinya juga cukup tinggi, terutama kandungan chitosan dan karotenoid.

Baca Juga :
Demikian Kajian Tentang 10 Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh  Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca SeputarIkan.Com Aminn … ^_^
10 Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh | seputarikan | 4.5