Sekilas Tentang Ikan Anemon (ClownFish)

Sekilas Tentang Ikan Anemon (ClownFish)

Sekilas Tentang Ikan Anemon (ClownFish)
Sekilas Tentang Ikan Anemon (ClownFish)

Seputarikan  – Clownfish atau ikan anemon adalah ikan dari subfamili Amphiprioninae dalam keluarga Pomacentridae. Tiga puluh spesies diakui, satu di genus Premnas, sementara sisanya dalam genus Amphiprion. Di alam liar, mereka semua membentuk mutualisme simbiosis dengan anemon laut lainya.

Tergantung pada spesies, Clownfish adalah keseluruhan kuning, oranye, atau kemerahan atau berwarna kehitam-hitaman, dan banyak combinasi warna lainya bar putih atau patch. Yang terbesar bisa mencapai panjang 18 cm, sedangkan yang terkecil nyaris bisa mencapai 10 cm.

Karakter Clownfish

Clownfish yang berasal dari perairan hangat dari Samudera Hindia dan Pasifik, termasuk Great Barrier Reef dan Laut Merah. yang lain tersebar luas. Clownfish hidup di dasar laut dangkal di terumbu karang terlindung atau di laguna dangkal. Tidak ada clownfish di Atlantik karena rata-rata Atlantik laut lepas dan dalam.

Clownfish adalah omnivora dan dapat memakan makanan yang tidak tercerna mereka, dan kotoran dari clownfish menyediakan nutrisi ke anemon laut. Clownfish terutama memakan zooplankton kecil, seperti copepoda dan kulit larva, dengan sebagian kecil dari makanan mereka berasal dari ganggang, dengan pengecualian Amphiprion perideraion, yang terutama memakan ganggang. Mereka mungkin juga mengkonsumsi tentakel anemon mereka.

Hubungan Dengan Lingkungan Hidup

Clownfish anemon laut memiliki simbiosis, hubungan mutualistik, masing-masing memberikan sejumlah manfaat yang lain. Spesies individu umumnya sangat spesifik, dan terutama genera Heteractis dan Stichodactyla, dan spesies Entacmaea quadricolor adalah mitra clownfish.

Anemon laut melindungi clownfish dari predator, serta menyediakan makanan melalui potongan-potongan yang tersisa dari makanan anemon dan sesekali tentakel anemon mati.

Sebagai imbalannya, clownfish membela anemon dari predator, dan parasit. anemon juga mengambil nutrisi dari kotoran clownfish, dan berfungsi sebagai situs sarang yang aman. nitrogen diekskresikan dari clownfish meningkatkan jumlah ganggang dimasukkan ke dalam jaringan host mereka, yang membantu anemon dalam pertumbuhan jaringan dan regenerasi.

Reproduksi

Dalam kelompok clownfish, ada hirarki dominasi yang ketat, dalam kelompok mereproduksi melalui fertilisasi eksternal. Clownfish adalah hermafrodit sekuensial, yang berarti bahwa mereka berkembang menjadi laki-laki pertama, dan ketika mereka dewasa, mereka menjadi perempuan.

Jika clownfish perempuan dikeluarkan dari kelompok, salah satu laki-laki terbesar dan paling dominan akan menjadi perempuan. Para laki-laki yang tersisa akan naik pangkat dalam hirarki. Clownfish bertelur pada permukaan datar dekat dengan anemon inangnya.

Di alam liar, larva clownfish sekitar waktu bulan purnama. Tergantung pada spesies, clownfish dapat meletakkan ratusan atau ribuan telur. Induk jantan menjaga telur sampai menetas sekitar enam sampai sepuluh hari kemudian, biasanya dua jam setelah senja.

Sekilas Tentang Ikan Anemon (ClownFish) | seputarikan | 4.5