Ikan Tapah

Ikan Tapah – Ikan Tapah adalah duri spesies ikan air tawar dalam keluarga Siluridae terkandung di bagian selatan Asia dari Pakistan ke Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Ikan ini juga dilaporkan di Afghanistan. Bandar Tapah di Perak, Malaysia, bernama sempena ikan ini.

Ikan Tapah
Ikan Tapah

Sprinkles dan biologi 

Ikan Tapah hidup di sungai-sungai besar dan laut, bagian bawah sungai berlumpur dan air yang mengalir perlahan. Ikan ini sangat lembab dan digunakan untuk menyembunyikan diri di lubang yang terletak di tepi sungai dan kanal atau mengabadikan diri di dasar sungai untuk mencari makanan.

Ikan Tapah adalah makan predator yang kuat. Makanan untuk ikan dewasa, termasuk ikan yang lebih kecil, krustasia, dan moluska, ikan biasanya ketika anak-anak memakan serangga. Dengan demikian, ikan ini adalah ikan perosak, terutama terhadap ikan lain yang lebih berharga.

Ikan Tapah mereproduksi di musim panas sebelum musim hujan. Pada saat itu, banyak duri ikan ini dapat ditemukan di musim panas.

Morfologi 

Tubuh panjang dan sangat padat. Ikan ini dapat diperbesar sehingga 2,4 meter (8 kaki). Kepala lebar, dengan mulut besar dan melengkung. Sudut-sudut mulutnya ke belakang jangkauannya.

Ikan ini gigi sangat tajam dan dapat menggigit manusia.Matanya sebagian besar diskusi kecil, dengan tepi sekitarnya. Ikan Tapah memiliki dua pasang duri, dengan sirip punggung kecil dan sirip punggung yang sangat panjang.

Ikan Tapah | seputarikan | 4.5