Ikan Nilem

Nilem, atau melem (Osteochilus vittatus) – Nilem, atau melem (Osteochilus vittatus) adalah jenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan herbivora ini diketahui menyebar di Asia Tenggara: Tonkin, Siam (Thailand), Semenanjung Malaya, Borneo, Sumatra, dan Jawa. Nilem adalah bertani ikan untuk konsumsi, khususnya di Jawa. Sekarang, nilem juga diperkenalkan ke beberapa danau di Sulawesi

 

Nilem, atau melem (Osteochilus vittatus)
Nilem, atau melem (Osteochilus vittatus)

Deskripsi

Ikan bertubuh sedang, panjang total hingga 260 mm. Tinggi badan pada awal sirip dorsal 3-3,7 dibandingkan panjang standar (tanpa sirip ekor). Panjang Kepala 4,1-4,5 dibandingkan dengan panjang standar. Bulat moncong tumpul, dengan bibir keriput dan dapat disembulkan.

Sungut rahang atas lebih atau kurang sepanjang diameter mata, sungut rostral pendek. Awal sirip punggung kira-kira sejajar dengan garis lateral 8 atau 9; dipisahkan dari mahkota 10-12 sisik.

Sirip punggung dengan III jari (duri) dan 10-13 jari-jari lunak; jari-jari memanjang depan, panjang lebih dari atau sama dengan panjang dari kepala. Formula I.13-16 sirip dada; I.8 sirip perut; dan sirip dubur III.5. 33-34 garis rusuk.

Manfaat

Nilem ikan biasa dibudidayakan di Jawa, terutama di Jawa Barat. Telur ikan disukai karena rasanya yang lezat. Tapi sekarang produksi cenderung menurun, sementara umumnya nilem dipelihara sebagai produk sampingan dari kolam-kolam renang pemeliharaan ikan mas, nila, atau ikan mas.

Satu percobaan yang dilakukan di Danau Maninjau, Sumatera Barat, mendapatkan bahwa ikan nilem makan tidak secara khusus mengambil berbagai fitoplankton yang ditemukan di danau, sehingga kesempatan untuk digunakan sebagai air danau bersih.

Ikan nilem makan berbagai jenis fitoplankton milik suku Bacillariophyceae, Chlorophyceae, Cyanophyceae, dan Desmidiaceae.

Karena popularitas “terapi kaki” menggunakan garra rufa, ikan melem menjadi alternatif karena memiliki perilaku yang sama, yang dipenuhi kaki dicelupkan ke dalam kolam dan mengambil epidermis kaki.

Ikan Nilem | seputarikan | 4.5