Ikan Laut Hias Unik dan Warnanya Indah Cyphotilapia frontosa

Ikan Laut Hias Cyphotilapia frontosaCyphotilapia frontosa, yang Frontosa adalah ikan dari keluarga cichlid asli ke Danau Tanganyika di Afrika Timur. C. frontosa endemik Danau Tanganyika dan tersebar luas di bagian utara danau, sedangkan Cyphotilapia gibberosa terkait erat mendiami bagian selatan danau. Tidak seperti banyak spesies cichlid C. frontosa adalah ikan pelagis dan jarang usaha dekat dengan garis pantai.

Spesies umumnya berada pada kedalaman lebih besar (30-50 meter sub-permukaan) daripada kebanyakan cichlids lain dan naik ke perairan dangkal di pagi hari untuk memberi makan pada ikan shoaling seperti spesies Cyprichromis. C. frontosa dapat tumbuh sampai ukuran yang signifikan dengan spesimen bahkan tawanan berpotensi tumbuh 35 cm. Ikan dapat hidup selama lebih dari 25 tahun.

Deskripsi Biologo

C. frontosa memiliki tanda yang berbeda dengan 6-7 garis vertikal hitam menghiasi tubuh putih atau biru dan kepala dan trailing sirip dengan warna biru yang berbeda. Spesies ini juga mengembangkan punuk nuchal yang lebih menonjol dalam spesimen yang lebih tua.C. frontosa adalah spesies monomorfik seksual, meskipun punuk kadang-kadang lebih jelas pada jantan. Seperti halnya dengan banyak spesies cichlid ditemukan di Danau Tanganyika, evolusi paralel antara koloni yang berbeda telah menghasilkan beberapa varian warna yang berbeda berkembang.

Ikan Laut Hias Cyphotilapia frontosa
Ikan Laut Hias Cyphotilapia frontosa

Karakter Dalam Akuarium

C. frontosa adalah ikan akuarium yang populer dan beberapa morphs warna alami sering tersedia untuk dijual ke penggemar. Karena ukurannya C. frontosa membutuhkan akuarium relatif besar, namun, berperilaku relatif dengan tenang dan toleran terhadap kedua konsentrasi dan heterospecifics. Frontosa membutuhkan gua atau struktur batuan. ini adalah untuk memastikan frontosa merasa aman.

Jika hal ini tidak hadir untuk memenuhi kebutuhan frontosa untuk keamanan itu akan mulai menyerang ikan lainnya di dalam akuarium. Hal ini terutama berlaku dengan frontosa jantan. Frontosa betina lebih puas dengan wilayah teritorialnya ketika pejantan datang. Mereka tidak suka sendirian dan harus disimpan dalam kelompok 3 atau lebih.

Menjaga lebih dari satu jantan dewasa membutuhkan akuarium besar sekalipun. Frontosa yang terbaik disimpan dalam setidaknya 150 galon air di akuarium (550 L). Sebuah tangki 150 galon dapat dapat disi 6-8 frontosa. Kimia dan suhu air harus mencerminkan yang ditemukan secara alami di Danau Tanganyika. PH harus antara 7,8-9,0 dan suhu air harus antara 79-82 F (26-27 C).

Penambahan batu, atau ornamen lainnya seperti pipa, memungkinkan ikan untuk menyembunyikan dan mengurangi stres. Ketika ketakutan, frontosa telah dikenal dapat memecahkan akuarium, filter, dan bahkan retak tank. Frontosa tidak tumbuh dengan ukuran tangki, mereka akan tumbuh sekitar 10-14 inci (25-35 cm).

Det/Makan

C. frontosa adalah pemakan oportunistik di alam liar dan diet dalam akuarium harus terdiri dari kualitas disiapkan makanan yang baik, makanan beku seperti krill dan cacing tanah sesekali. Karena mereka berasal dari air yang lebih dalam, perawatan harus dilakukan untuk menghindari makan mereka di permukaan akuarium.

Melakukan hal itu dapat menyebabkan mereka untuk menelan udara bersama dengan makanan mereka mengarah ke suatu kondisi yang dikenal sebagai ‘mengambang’. Untuk alasan ini pelet tenggelam adalah umum makanan pokok.

Ikan Laut Hias Unik dan Warnanya Indah Cyphotilapia frontosa | seputarikan | 4.5