Ikan Hias Tercantik swordtail

Ikan Swordtail

Status konservasi klasifikasi ilmiah

Nama binomial 
Xiphophorus hellerii 
Heckel, 1848 

Ikan swordtail Oranye (Xiphophorus hellerii) adalah spesies air tawar / payau ikan dalam keluarga Poeciliidae order Cyprinodontiformes.

Hal ini berkaitan erat dengan platyfish selatan atau “platy” (X. maculatus) dan dapat mencampuri darah dengan itu. Ini adalah asli ke daerah Utara dan Amerika Tengah yang membentang dari Veracruz, Meksiko, untuk baratlaut Honduras.

Swordtail oranye jantan tumbuh dengan panjang keseluruhan maksimal 14 cm (5,5 in) dan  perempuan 16 cm (6.3 in). Nama “swordtail” berasal dari memanjang lobus bawah sirip ekor jantan (tailfin).

Dimorfisme seksual moderat, dimana wanita lebih besar daripada laki-laki, tapi kurang “pedang”. Bentuk liar berwarna hijau zaitun dalam warna, dengan garis merah atau coklat lateral dan kotoran di permukaan dorsal dan, kadang-kadang, sirip ekor. “Pedang” jantan berwarna kuning, bermata hitam di bawah ini.

Penangkaran telah menghasilkan banyak varietas warna, termasuk hitam, merah, dan banyak pola daripadanya.

Ikan Hias Tercantik swordtail
Ikan Hias Tercantik swordtail
Ikan Hias Tercantik swordtail
Ikan Hias Tercantik swordtail

Kerajaan      : Animalia 
Filum           : Chordata 
Kelas           : Actinopterygii 
Order           : Cyprinodontiformes 
Keluarga      : Poeciliidae 
Genus          : Xiphophorus 
Spesies        : X. hellerii

 

Swordtail hijau lebih suka berarus deras

Tetapi juga ditemukan dalam air hangat dan kanal. Omnivora, diet yang mencakup tanaman dan krustasea kecil, serangga, dan cacing annelida. X. hellerii telah menjadi hama pengganggu sebagai spesies diperkenalkan di sejumlah negara. Hal ini telah menyebabkan kerusakan ekologi karena kemampuannya untuk secara cepat mereproduksi dalam jumlah tinggi.

Populasi liar telah membentuk diri di Afrika Selatan, termasuk Natal, Hawaii, Madagaskar dan Transvaal Timur di Afrika Selatan dan Otjikoto Lake di Namibia. Populasi yang signifikan juga telah menetapkan diri di sepanjang pantai timur Australia.

Salah satu ikan akuarium tropis yang paling populer, swordtail hijau telah dibesarkan ke dalam berbagai bentuk hibrida untuk hobi akuarium karena tahan banting dan kesesuaian untuk tangki komunitas.

Reproduksi

Hal ini sering ditunjuk X. helleri (dengan satu “i”), tapi pemerintah menganggap ini kesalahan ortografi dan ejaan dengan dua “i” s menjadi julukan spesifik valid. Hal ini dinamai dinamai Karl Bartholomaeus Heller, yang mengumpulkan spesimen tipe. Karena kawin campur dengan platyfish selatan atau “platy”, kebanyakan swordtails di akuarium adalah hibrida untuk beberapa derajat.

Indah, sirip ekor memanjang jantan ‘telah ditemukan untuk mempengaruhi secara signifikan peluang mereka di kawin. Kehadiran Jantan baik diberkahi taji kematangan perempuan, sementara itu menghambat kematangan laki-laki remaja di sekitar laki-laki baik diberkahi.

Ikan Hias Tercantik swordtail | seputarikan | 4.5