Ikan Hias Tawar Hiu banded Cina

 

Ikan Hias Tawar Hiu banded Cina

Hiu banded Cina, Myxocyprinus asiaticus, adalah ikan akuarium air tawar populer yang dimiliki oleh keluarga Catostomidae. Ini tumbuh sekitar 1,35 m panjang dan tidak cocok untuk sebagian akuarium rumah.

Deskripsi

Hiu banded Cina, juga dikenal dengan banyak nama umum lainnya, termasuk Cina banded hiu, sirip tinggi banded Loach, Loach sirip tinggi, Sailfin,topsail, wimple ikan mas, wimple, batfish air tawar, Hilsa herring, ikan kasar, zebra Cina atau Asia sirip hiu yang tinggi, zebra Cina dan Entsuyui dalam bahasa Jepang. Meskipun nama umum, ia tidak berkaitan dengan hiu laut.

Ini telah menurun drastis karena polusi, penangkapan ikan berlebihan, spesies diperkenalkan dan koleksi untuk perdagangan akuarium. Sebagai konsekuensi telah ditempatkan pada daftar Cina terancam punah spesies dan merupakan spesies yang dilindungi negara.

Keterangan fisik

Hiu banded Cina biasanya memiliki tubuh coklat bantalan tiga miring berwarna gelap. Selama musim kawin, jantan dewasa dibedakan dari betina dewasa dengan warna merah. Betina dewasa warna ungu gelap dengan daerah kemerahan yang luas dan vertikal sepanjang tubuh.

Remaja hiu banded Cina sirip juga ditandai dengan tinggi dan segitiga finnage dorsal yang memanjang sampai bagian belakang sirip anal. Penampilan dewasa jauh lebih khas, seperti yang memanjang dalam bentuk tanpa sirip punggung sangat tinggi. tebal dan menanggung papila kecil tanpa sungut. Mereka memiliki satu baris gigi faring yang memiliki pengaturan seperti sisir.

Ikan Hias Tawar Hiu banded Cina
Ikan Hias Tawar Hiu banded Cina
Dewasa, hiu banded Cina menjadi lebih gelap dalam penampilan. pekat karakteristik yang ditemukan dalam spesimen muda menghilang panjang 30-36 cm. Ukuran maksimum mencapai oleh ikan ini adalah 1,35 m panjang dan 40 kg berat.

Distribusi dan habitat

Hiu banded Cina asli Sungai Yangtze basin Cina. Mereka bermigrasi ke relatif sungai yang cepat mengalir, hulu dangkal untuk bertelur, tetapi menghabiskan sisa waktu di bagian sungai utama. Populasi di Sungai Min , anak sungai dari sungai Yangtze, mungkin telah punah.
Ikan Hias Tawar Hiu banded Cina | seputarikan | 4.5