Ikan Hias Molly

Ikan Hias molly¬†Sepat mutiara (Trichogaster leeri) –¬†Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri) adalah jenis anggota suku ikan gurami ikan air tawar (Osphronemidae). Dalam bahasa Inggris disebut Pearl ikan gurami, ikan gurami ikan gurami Mosaic Lace atau mengacu pada pola warna berbintik-bintik indah dengan garis-garis hitam di sisi tubuhnya.

 

Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri)
Ikan Sepat mutiara (Trichogaster leeri)

Distribusi dan habitat

Mutiara gurami adalah asli Thailand, Malaysia dan Indonesia (di mana ia ditemukan di pulau Sumatera, dan Kalimantan). Hal ini terjadi di rawa-rawa dataran rendah dengan air asam. ikan ini lebih suka tingkat atas dan tengah air.

Penampilan dan anatomi

Ikan ini mencapai sekitar 12 cm (4,7 in). Tubuh warna kecoklatan-perak, yang tercakup dalam pola seperti mutiara dengan garis hitam yang berbeda berjalan dari kepala ikan, dan berangsur-angsur menipis ke arah sirip ekor. pola ikan ini telah melahirkan banyak nama populer, seperti gurami renda dan gurami mosaik.

Spesimen Jantan ikan ini, khas dari banyak tambakan, umumnya lebih besar dan lebih berwarna indan daripada rekan-rekan Betina mereka. Mereka menunjukkan pewarna oranye terang di sekitar wilayah tenggorokan, yang pada pemuliaan waktu menjadi lebih terang dan digunakan untuk pengadilan betina.

Jantan juga menunjukkan sedikit dari semburat oranye di sirip mereka, dengan pengecualian dari ekor (tail) sirip. pejantan ini juga memiliki sirip panjang, dengan sirip punggung lebih runcing dan sinar sirip anal diperpanjang.

Ikan Hias Molly | seputarikan | 4.5