Ikan Unik dan Cantik Ikan Hias Flying fox

Ikan Flying fox – Ikan flying fox (Epalzeorhynchos kalopterus) adalah spesies Asia Tenggara ikan air tawar dalam keluarga Cyprinidae.  Hal ini sering terlihat dalam perdagangan akuarium.

Deskripsi fisik

Ikan terbang fox memiliki tubuh panjang karakteristik dengan daerah perut datar. Daerah dorsal memiliki warna mulai dari zaitun sampai coklat gelap. Bagian bawah tubuhnya memiliki warna putih kekuningan. Sebuah garis berwarna hitam kecoklatan terlihat dari mulutnya, mata dan sirip ekor.

Di atas ini garis berwarna hitam kecoklatan adalah garis berwarna emas. Mata flying fox mungkin memiliki iris kemerahan. Its punggung, anal dan finnage ventral terdiri dari sebuah band hitam dan tepi putih.

Ikan Hias Air Flying fox
Ikan Hias Air Flying fox

 

Meskipun dikenal untuk tumbuh sampai 15,24 cm, rubah terbang memiliki panjang rata-rata 11,94 cm dalam pengaturan akuarium.

Distribusi dan habitat 

Ikan Flying fox adalah bottom-penghuni yang tumbuh subur di sungai perbukitannya cepat mengalir dan aliran Thailand-Semenanjung Malaya, Borneo, Jawa dan Sumatera di Asia Tenggara.

Dalam akuarium 

Sebuah akurium 20 sampai 40 galon air dilapisi dengan substrat kerikil halus cocok untuk ikan terbang rubah berukuran rata-rata. Menjadi bottom-penghuni, akuarium untuk rubah terbang memerlukan tanaman berdaun lebar, batu, dan kayu apung untuk melayani sebagai tempat persembunyian.

Karena flying fox adalah dikenal pemakan ganggang, akuarium biasanya disediakan dengan pencahayaan yang cukup. Rubah terbang bertahan hidup di air akuarium yang memiliki pembacaan 6-7,5 pH, kekerasan air mulai dari 2 sampai 12 dH, dan suhu dipertahankan pada 23 hingga 27 ° C (73-81 ° F).

Perilaku

Kadang-kadang Flying Fox akan sedikit agresif terhadap ikan akuarium kecil lainnya jika lapar, sehingga makan mereka. Aquarium fishkeepers juga dapat menyimpan ikan terbang fox sebagai ikan tangki tunggal atau di kumpulan Jemaat kecil ikan terbang fox mungkin, bagaimanapun, menunjukkan perilaku teritorial.

Rubah Lone sering menantang spesies lain untuk dominasi, khususnya pejantan ikan, yang mereka akan mengejar dan dikejar oleh, serta berenang di lingkaran ketat dengan, meskipun biasanya tidak terluka, dan biasanya menang ikan surga. Hidup rentang Di akuarium, dapat hidup dari 8 sampai 10 tahun.

Makan

Meskipun pemakan ganggang, juga dikenal untuk mengkonsumsi makanan dalam bentuk serpih. Menjadi omnivora, sayuran seperti bayam, zucchini dan selada, serta planaria hidup, cacing tubifex, krustasea dan serangga air lainnya biasanya ditawarkan kepada rubah terbang. Oatmeal juga disajikan untuk rubah terbang. Tidak mengkonsumsi ganggang merah.
Ikan Unik dan Cantik Ikan Hias Flying fox | seputarikan | 4.5