Ikan Hias Air Tawar Aquarium Barb Denison

Ikan Hias Air Tawar Aquarium Barb DenisonBarb Denison (Sahyadria denisonii), juga dikenal sebagai garis merah torpedo barb atau hiu roseline, adalah jenis ikan cyprinid endemik sungai bukit berarus deras dan sungai dari Ghats Barat di India. Ini umumnya terjadi dalam perdagangan akuarium.

Keterangan Fisik

Ikan ini ditandai dengan tubuh berbentuk torpedo dengan sisik perak, garis merah berjalan dari moncong mereka, melalui mata, kembali menuju tengah tubuh; dan di bawah garis merah, garis hitam yang membentang dari ikan ke ekor. Saat jatuh tempo, hijau khas / biru menandai di atas kepala berkembang. Spesies ini konon mencapai panjang 15 cm tetapi biasanya hanya akan mencapai 9-11 cm.
Ikan Hias Air Tawar Aquarium Barb Denison
Ikan Hias Air Tawar Aquarium Barb Denison

Habitat dan ancaman 

Denison ini barb atau garis merah torpedo duri endemik ke Achenkovil dan Chaliyar sungai. Secara khusus, mereka ditemukan di empat lokasi, Cheenkannipuzha anak sungai utama Sungai Velapattanam, sungai Achankovil, sungai Chaliyar dan dekat kota Mundakayam.

Spesies ini memiliki rentang perkiraan 8.805 km2. S. denisonii merupakan spesies air tawar bentopelagis yang suka berteman dan diketahui terjadi di kolam berbatu dengan vegetasi tebal sepanjang tepi mereka.

Mereka berkembang dalam iklim subtropis dalam air dengan pH 6,8-7,8, kekerasan air dari 5-25 Bina Marga dan suhu antara 65-79 ° F (18-26 ° C).

Seperti dilansir Fishkeeping Praktisi pada bulan Januari 2009, penelitian baru oleh tim ilmuwan dari India menunjukkan bahwa spesies ini menjadi over-dieksploitasi untuk perdagangan akuarium, berpotensi menempatkannya pada risiko kepunahan.

Meskipun terdaftar sebagai terancam punah oleh laporan penilaian lokalikan telah dipromosikan sebagai ‘Ekspor barang’ oleh beberapa instansi pemerintah.

Ikan kemungkinan besar dikumpulkan dan diekspor dari India pada tahun 1996. Pada tahun 1997, ia memenangkan hadiah ketiga di ‘Aquarama 1997’ dunia pameran ikan hias di bawah ‘Spesies Baru Kategori’.

Oleh 2007-08 itu merupakan sekitar 60- 65% dari total ikan hias hidup yang diekspor dari India yang bernilai US $ 1.540.000. Meskipun Pemerintah Kerala melarang nelayan dan ekspor yang terancam punah, itu belum terdaftar di bawah Wlidlife UU Perlindungan Nasional.

Dalam Akuarium 

Ikan ini adalah tambahan yang relatif baru untuk menjaga ikan. Denison merupakan ikan yang biasanya disimpan dalam kelompok. Cenderung damai tetapi beberapa telah dikenal menjadi sedikit agresif di sekitar menjadi kanibal, terutama jika disimpan dalam ruang kurang dari yang mereka butuhkan.

Diet / Makan

Mereka makan bloodworms, udang, daging, serpihan ikan dan beberapa vegetasi. Seekor ikan yang sama, Sahyadria chalakkudiensis kadang-kadang bingung dengan ikan ini, tetapi itu adalah lebih besar, spesies kurang berwarna-warni dan lebih agresif.

 

Ikan Hias Air Tawar Aquarium Barb Denison | seputarikan | 4.5