Ikan Cantik Mirip sapi Perah (Sumpit Banded)

Ikan Cantik Mirip sapi Perah (Sumpit Banded)Sumpit banded (Toxotes jaculatrix) adalah ikan perciform air payau dari ikan sumpit genus Toxotes. Hal ini keperakan dalam warna dan memiliki sirip punggung menjelang akhir posterior.

Memiliki khas, tanda semi-segitiga di sepanjang sisi-sisinya.Hal ini paling dikenal karena kemampuannya untuk berenang seperti jet di air untuk “menembak jatuh” mangsa.

Kemungkinanan dapat memukul mangsa 2 sampai 3 meter atau lebih besar dari ukuranya .banded dapat mencapai. kecepatan dalam 50 milidetik.

Nama (binomial serta umum) mengacu pada Sagitarius pemanah, karena metode yang tidak biasa banded menggunakan mulut sumpit mirip seperti anak panah untuk menangkap mangsa. Sumpit banded ditemukan di Indo-Pasifik dan perairan Oseania, umumnya di muara sungai dan muara mangrove. Mereka bergerak di antara segar, garam, dan air payau selama hidup mereka, meskipun tidak untuk berkembang biak.

Karena tanda-tanda mereka dan warna keperakan, Ikan pemanah kadang-kadang disimpan sebagai ikan akuarium, meskipun mereka sulit untuk merawat dan tidak direkomendasikan untuk sebagian besar di rawat di akuarium rumahan.

Taksonomi dan etimologi 

Toxotes jaculatrix awalnya digambarkan oleh Peter Simon Pallas pada tahun 1767. Sejak itu, beberapa sinonim (seperti Labrus jaculatrix dan Sciaena jaculatrix) dan salah eja (Toxotes jaculator) .

Toxotes adalah bahasa Yunani untuk “pemanah” atau “panah”, dan secara khusus mengacu pada Sagitarius. Spesies Nama jaculatrix berkaitan dengan jaculate Inggris dan berarti “pelempar” atau “kastor”. Kedua nama umum dan nama binomial mengacu pada kebiasaan ikan sumpit banded dapat menangkap mangsa dengan menembak “panah” air melalui mulutnya.

Deskripsi 

Sumpit banded memiliki empat duri punggung, 11 sampai 13 punggung duri lemah, tiga duri anal (dari yang ketiga adalah terpanjang) dan 15 sampai 17 duri lunak dubur Tulang belakang pertama selalu yang terpendek.; sinar menjadi lebih pendek menjelang akhir posterior. Ada sekitar 23 skala antara tulang punggung pertama dan lubang hidung posterior.

Daerah-daerah tertentu dari tubuh yang diwarnai hijau. Bagian belakang ikan zaitun-hijau atau coklat. sirip punggung adalah hijau kekuningan dan terletak di akhir posterior, dan dasarnya lebih pendek daripada sirip anal. Sirip ekor “kotor hijau “dan tentang ketinggian yang sama sampai titik lampiran, di mana ia menjadi dangkal. sirip dubur adalah perak.

Ciri Kusus

Tubuh ikan sumpit banded adalah persegi panjang dalam bentuk dan dibesarkan di sisi posterior. Tubuh umumnya perak-putih dalam warna, meskipun berbagai colourations, seperti kuning, telah diamati. Empat sampai enam bar hitam yang luas dapat hadir di sisi dorsal.

Bar pertama ditemukan anterior operculum, lempeng tulang meliputi insang, dan yang kedua adalah ditemukan di belakang operkulum tersebut.

Bar ketiga ditemukan di bawah asal sirip punggung, bar keempat di bawah sirip punggung, dan kelima (jika ada) dari daerah antara sirip dubur dan sirip ekor (ekor batang) Bar ini akan menjadi lebih pendek.

Ketika usia ikan beranjak tua atau matang. Kurva gurat sisi atas di daerah antara sisik keempat dan kesembilan lateralis sumpit Banded dapat mencapai panjang maksimal 30 cm (12 in); Namun, rata-rata panjangnya sekitar 20 cm (7,9 in).

Ikan Cantik Mirip sapi Perah (Sumpit Banded)
Ikan Cantik Mirip sapi Perah (Sumpit Banded)
Sumpit banded memiliki mata besar, yang, tidak seperti banyak ikan lainnya, diposisikan untuk penglihatan binokular.  kepala adalah sedikit lebih pendek dari tubuh, dengan moncong khas menunjuk. Remaja mungkin kuning-hijau sampai coklat di sisi dorsal dan keperakan di sisi ventral. Sisi-sisi yang remaja ‘berwarna abu-abu-hijau.  Beberapa sumpit banded memiliki patch kuning tidak teratur.
Ikan Cantik Mirip sapi Perah (Sumpit Banded) | seputarikan | 4.5