Ikan BETOK

Ikan BETOK (Anabas testudineus) – Testudineus Anabas, bertengger tebing, adalah spesies ikan dalam keluarga Anabantidae, ikan gurami pendakian. Ini adalah asli Asia, di mana itu terjadi dari India timur ke Cina dan Garis Wallace. Ini juga telah didirikan di beberapa negara di luar jangkauan asli.
Ikan BETOK (Anabas testudineus)
Ikan BETOK (Anabas testudineus)

Spesies ini tumbuh sampai 25 cm panjang total. Jenis ini penting sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara, di mana kemampuannya untuk bertahan hidup keluar dari air untuk waktu yang lama, asalkan tetap lembab, meningkatkan pemasaran nya.

Ada kemungkinan bahwa ini adalah kompleks spesies, dengan nama Anabas testudineus diterapkan untuk apa sebenarnya beberapa spesies yang berbeda. Dengan studi lebih lanjut, populasi ikan ini dapat dibagi menjadi spesies dan diberi nama baru yang terpisah.

Habitat

Damselfish umumnya ditemukan di rawa-rawa, sawah, sungai kecil dan parit-parit, serta kolam renang mendapatkan banjir air atau berhubungan dengan saluran air terbuka.

Ikan ini memangsa berbagai serangga dan hewan air kecil. Damselfish jarang membuat orang berbahaya, dan lebih sering ditangkap sebagai ikan liar.

Biologis

Dalam keadaan normal, seperti umumnya ikan, damselfish bernapas dalam air dengan insang. Namun, seperti lele dan patin, damselfish juga memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Ikan ini memiliki organ labirin (organ labirin) di kepala, yang memungkinkan.

Alat ini sangat berguna ketika ikan mengalami kekeringan dan harus pindah ke tempat lain yang masih berair. Damselfish dapat merayap dan berjalan di darat menggunakan tutup insang yang dapat diperluas, dan berfungsi sebagai semacam ‘kaki depan’. Tapi tentu saja ikan ini tidak bisa bertahan terlalu lama di negeri itu, dan harus mendapatkan air dalam beberapa jam atau akan mati.

Populasi

Ikan ini tersebar luas, mulai dari India, Cina ke Asia Tenggara dan pulau-pulau dari kepulauan di sebelah barat Garis Wallace.

Cara mendapatkan ikan ini di sebagian besar wilayah memancing umpan dengan cacing, tetapi ada juga penggunaan jangkrik, cilung (bambu cacing).

Di Kalimantan Tengah dan Banjarmasin, penduduk setempat memiliki caranya sendiri, yaitu dengan mencampur telur semut (kroto) dengan getah karet dan dimasak dengan cara dikukus. Selain damselfish ikan, umpan ini sebagai ikan umpan juga bisa seluang.

Ikan BETOK | seputarikan | 4.5