Ikan Badut

Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus)

Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus)
Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus)
Mandarinfish atau mandarin dragonet (Synchiropus splendidus), adalah kecil, anggota berwarna cerah dari keluarga dragonet, yang populer dalam perdagangan ikan akuarium air asin. Mandarinfish ini berasal dari Pasifik, mulai sekitar dari Kepulauan Ryukyu selatan ke Australia.

Taksonomi dan Etimologi Mandarinfish ini pertama kali digambarkan sebagai Callionymus splendidus pada tahun 1927 oleh Albert William Herre, seorang ahli ikan Amerika yang bekerja di Filipina. Ia kemudian ditempatkan dalam genus Synchiropus. Nama generik Synchiropus berasal dari Yunani Kuno syn-, yang berarti “bersama-sama”, dan-chiropus berarti “tangan-kaki”.

The splendidus julukan spesifik dari bahasa Latin untuk indah. Nama umum dari mandarinfish berasal dari pewarnaan sangat jelas nya, membangkitkan dari mandarin Cina Imperial. Nama umum lainnya termasuk mandarin goby, mandarin hijau, mandarinfish bergaris, bergaris dragonet, dragonet hijau dan mandarinfish kadang psychedelic. Ikan bernama sama mandarin (Siniperca chuatsi), dikenal sebagai bertengger Cina,
Mandarinfish adalah milik perciform keluarga Callionymidae, para dragonets, yang menghitung 10 genera dan lebih dari 182 spesies. Genus Synchiropus menghitung 51 spesies, dibagi menjadi 10 subgenera. Mandarinfish ini dalam subgenus Synchiropus (Pterosynchiropus) bersama dengan Australia LSD-ikan (S. occidentalis) dan ikan-LSD atau
psychedelic (S. picturatus).

Description

Sampai saat ini, S. splendidus adalah salah satu dari hanya dua spesies vertebrata dikenal memiliki warna biru karena pigmen seluler, yang lainnya adalah mandarin psychedelic terkait erat (S. picturatus). Nama “cyanophore” diusulkan untuk kromatofora biru, atau yang mengandung pigmen dan sel-memantulkan cahaya. Dalam semua kasus yang dikenal lainnya, warna biru berasal dari gangguan tipis dari tumpukan datar, tipis dan mencerminkan kristal purin.

Ekologi 

Mandarinfish adalah penghuni karang, lebih memilih laguna terlindung dan terumbu perairan pantai. Sementara mereka bergerak lambat dan cukup umum dalam jangkauan mereka, mereka tidak mudah terlihat karena kebiasaan bottom-makan dan ukurannya yang kecil hanya mencapai sekitar 6 cm. Mereka terutama memakan krustasea kecil dan invertebrata lainnya.

Diet / Makan

Berdasarkan usus analisis 7 ikan liar Sadovy . (2001) menetapkan bahwa mandarinfish memiliki diet campuran yang terdiri dari copepoda Harpacticoid, cacing polychaete, gastropoda kecil, amphipods gammaridean, telur ikan dan ostracods. Di alam liar, makan terus-menerus selama siang hari ikan mematuk selektif pada mangsa kecil terjebak pada substrat karang.

Hubungan dengan manusia

Meskipun popularitas mereka dalam perdagangan ikan akuarium, mandarinfish dianggap sulit untuk memelihara, karena kebiasaan makan mereka sangat spesifik. Beberapa ikan mandarinfish pernah beradaptasi dengan kehidupan akuarium, menolak untuk makan apa pun kecuali amphipods hidup dan copepoda (seperti di alam liar), meskipun bindividu yang menyesuaikan diri dengan makanan akuarium dianggap cukup kuat dan sangat tahan terhadap penyakit seperti ich laut.Mereka cenderung untuk kontrak penyakit Cryptocaryon, karena mereka tidak memiliki jenis kulit yang umum penyakit akuarium ini mempengaruhi. Mandarinfish muncul pada 39 kip prangko dari Laos yang diterbitkan pada tahun 1987, dan prangko 40 sen dari Negara Federasi Mikronesia yang dikeluarkan pada tanggal 26 Agustus 1993.

Ikan Badut | seputarikan | 4.5