Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark

Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark

Bala hiu, Balantiocheilos melanopterus, juga dikenal sebagai hiu tricolor, hiu perak, atau hiu ikan kecil, adalah spesies ikan dari keluarga Cyprinidae, dan merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos.

Jenis ini tidak hiu benar, tetapi umumnya disebut demikian karena tubuh berbentuk torpedo dan sirip besar. Hal ini terancam karena populasi menurun sebesar 50% dalam 10 tahun terakhir.

Distribusi 

Hiu bala terjadi di Semenanjung Malaya, Sumatra, dan Kalimantan. catatan sebelumnya lebih lanjut Utara di Phraya Sungai Mekong dan Chao adalah karena kebingungan dengan B. ambusticauda baru-baru ini dijelaskan dan mungkin punah (meskipun kehadiran setiap Balantiocheilos di Mekong dipertanyakan).

Penampilan dan anatomi

Ikan ini memiliki tubuh perak dengan margin hitam di punggung mereka, ekor, anal, dan sirip perut. Mereka memiliki mata besar untuk menemukan dan menangkap mangsa mereka. Hiu bala akan tumbuh dengan panjang maksimum 35 cm (14 in).
Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark
Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark

Habitat dan ekologi 

Bala hiu ditemukan di kedalaman midwater di sungai besar dan menengah dan danau. Mereka memakan fitoplankton, tapi sebagian besar pada krustasea kecil, rotifera, dan serangga dan larva mereka.

Dalam akuarium

Bala hiu adalah ikan akuarium. Ikan ini umumnya damai dan baik sahabat untuk berbagai jenis ikan tropis. Bala hiu yang banyak tersedia di sebagian besar toko hewan peliharaan, tapi akan tumbuh sampai ukuran terlalu besar untuk rumah akuarium.

Mereka adalah ikan kuat yang akan mentolerir perubahan suhu, perubahan pH, dan faktor lain yang ikan lain mungkin sensitif. PH air harus 6,0-8,0. Kesadahan air lebih baik untuk spesies ini lembut untuk media (5,0-12,0 Bina Marga).

Suhu air harus dijaga antara 22-28 ° C (72-82 ° F). Hiu bala lebih suka disimpan dalam kelompok dua atau lebih spesimen. Hal ini membutuhkan akuarium tertutup karena merupakan terampil jumper.

Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark
Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark

Sangat hiu bala muda kadang-kadang disimpan dalam akuarium kecil. Namun, mengingat ukuran mereka dewasa, perilaku dan kecepatan renang ikan cepat tumbuh membutuhkan lebih banyak ruang. Para kolektor terus berdebat mengenai ukuran tangki minimum yang dapat diterima, tetapi umumnya merekomendasikan setidaknya takuarium 2 meter.

FishBase berisi minimal 150 cm Banyak yang percaya ikan hanya terlalu besar dan terlalu aktif untuk disimpan di akuarium. hanya besar, akuarium custom-built dapat diterima, jika tangki sama sekali adalah. Kolam renang indoor juga dianggap pilihan perumahan layak dan mungkin akan lebih cocok untuk aquarist rata-rata.

Konservasi 

B. melanopterus terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN Red List. Hal ini telah menjadi langka atau punah di banyak daerah aliran sungai dari daerah asalnya. Di Danau Sentarum (Kalimantan), nelayan sudah dilaporkan pada tahun 1993 dan 1995 bahwa populasi telah menurun secara dramatis setelah 1975, tanpa alasan yang jelas.

Nelayan disebutkan penangkapan ikan yang berlebihan untuk perdagangan akuarium-ikan atau kebakaran hutan pada tahun 1975 dan polusi yang dihasilkan sebagai kemungkinan penyebab.

Spesies ini rupanya punah di Batang Hari cekungan (Sumatera) dan tampaknya bahwa semua individu dari B. melanopterus diekspor dari Indonesia dan Thailand oleh perdagangan akuarium-ikan hasil penangkaran.

Hiasan Akuarium Ikan Bala Shark | seputarikan | 4.5