Hiasan Akuarium (Guppy Poecilia reticulata)

Ikan Gupy  (Guppy Poecilia reticulata)

Gupy (Poecilia reticulata), juga dikenal sebagai ikan sejuta warna dan ikan pelangi, adalah salah satu ikan tropis yang paling banyak didistribusikan di dunia, dan salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer.

Ini adalah anggota dari keluarga Poeciliidae dan, seperti semua anggota lain dari keluarga, yang rentang alam di timur laut Amerika Selatan, diperkenalkan kepada banyak habitat dan sekarang ditemukan di seluruh dunia .

Mereka sangat mudah beradaptasi dan berkembang dalam berbagai kondisi lingkungan dan ekologi yang berbeda. guppy jantan, yang lebih kecil dari betina, memiliki hias ekor dan sirip punggung, sedangkan betina kusam dalam warna.

Guppy liar umumnya memakan berbagai sumber makanan termasuk alga bentik dan larva serangga air. Guppies digunakan sebagai model organisme di bidang ekologi, evolusi, dan studi perilaku.

 

Ikan Gupy (Guppy Poecilia reticulata)
Ikan Gupy  (Guppy Poecilia reticulata)

Taksonomi

Guppy pertama kali dijelaskan di Venezuela sebagai Poecilia reticulata oleh Wilhelm Peters pada tahun 1859 dan sebagai Lebistes poecilioides di Barbados oleh De Filippi pada tahun 1861 Itu bernama Girardinus guppyi oleh Albert Günther untuk menghormati Robert John Lechmere Guppy, yang mengirimkan spesimen dari spesies dari Trinidad ke Museum Sejarah Alam di London.

Itu telah dipindahkan Lebistes reticulatus oleh Regan pada tahun 1913. Kemudian pada tahun 1963, Rosen dan Bailey membawanya kembali ke nama aslinya, Poecilia reticulata.

Sedangkan taksonomi spesies sering berubah dan mengakibatkan banyak sinonim, “guppy” tetap nama umum bahkan Girardinus guppii sekarang dianggap sebagai sinonim junior Poecilia reticulata.

Distribusi dan habitat

Guppy adalah tanaman asli Antigua dan Barbuda, Barbados, Brasil, Guyana, Jamaika, Antilles Belanda, Trinidad dan Tobago, Kepulauan Virgin Amerika Serikat dan Venezuela. Namun, kumbang telah diperkenalkan ke berbagai negara di semua benua kecuali Antartika.

Kadang-kadang hal ini terjadi secara tidak sengaja, tapi paling sering sebagai alat pengendalian nyamuk. Diharapkan bahwa guppy akan memakan larva nyamuk dan membantu memperlambat penyebaran malaria, tetapi dalam banyak kasus, kumbang ini memiliki dampak negatif pada

Populasi ikan asli. Studi lapangan mengungkapkan bahwa guppy telah dijajah hampir setiap tubuh air tawar diakses oleh mereka dalam rentang alami mereka, terutama di sungai yang terletak di dekat pinggiran pantai daratan Amerika Selatan.

Meskipun tidak biasanya ditemukan di sana, guppy juga memiliki toleransi terhadap air payau dan telah dijajah beberapa habitat payau. Mereka cenderung lebih berlimpah di sungai kecil dan kolam daripada di besar, dalam sungai, atau cepat mengalir.

Keterangan

Polimorfisme seksual dipamerkan di guppy Trinidad (atas laki-laki, perempuan di bawah) Guppy menunjukkan dimorfisme seksual. Sementara tipe liar betina berwarna abu-abu tubuh, jantan memiliki percikan, bintik-bintik, atau garis-garis yang dapat salah satu dari berbagai macam warna. Ukuran guppies bervariasi, tetapi laki-laki biasanya 1,5-3,5 cm panjang, sementara perempuan adalah 3-6 cm panjang.

Ada berbagai strain guppy yang dihasilkan oleh peternak melalui pembiakan selektif, ditandai dengan warna yang berbeda, pola, bentuk, dan ukuran sirip, seperti kulit ular dan rumput varietas. Banyak strain dalam negeri memiliki ciri-ciri morfologi yang sangat berbeda dari tipe liar pendahulunya.

Pria dan wanita dari banyak strain domestik biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan jauh lebih boros dihiasi dari tipe liar pendahulunya mereka.

Guppy memiliki 23 pasang kromosom, termasuk satu pasang kromosom seks, jumlah yang sama Gen yang bertanggung jawab untuk ornamen guppy jantan yang kromosom Y terkait dan diwariskan.

Hiasan Akuarium (Guppy Poecilia reticulata) | seputarikan | 4.5