Binatang Hias Akuarium Ikan Harimau Barb

Binatang Hias Akuarium Ikan Harimau Barb

Ikan Harimau Barb (Puntius tetrazona), barb harimau atau Sumatra barb, adalah jenis ikan cyprinid tropis. Kisaran geografis alami dilaporkan meluas di seluruh Semenanjung Malaya, Sumatra dan Kalimantan, dengan penampakan berdasar dilaporkan di Kamboja.

Barbs Tiger juga ditemukan di banyak bagian lain di Asia, dan dengan sedikit pengumpulan data yang dapat diandalkan selama jangka waktu yang lama, kesimpulan yang pasti tentang berbagai geografis alami mereka versus perkenalan didirikan sulit. Barbs Tiger kadang-kadang bingung dengan Systomus anchisporus, yang mirip dengan penampilanya.

Deskripsi fisik

Harimau duri dapat tumbuh sekitar 7-10 sentimeter panjang (2,75-4 in) dan 3-4 cm lebar, (1,18 in), meskipun mereka sering lebih kecil bila disimpan di penangkaran. Beberapa dapat tumbuh menjadi sekitar 13 cm juga. Ikan asli adalah perak untuk kecoklatan kuning dengan empat garis-garis hitam vertikal dan sirip merah dan moncong.

Barb harimau hijau adalah ukuran yang sama dan memiliki sifat yang sama dengan duri normal, namun memiliki tubuh hijau. The barb harimau hijau, sering disebut lumut barb harimau hijau, dapat bervariasi dalam bagaimana hijau terlihat; untuk beberapa orang terlihat hampir hitam. Duri albino adalah lampu kuning dengan empat garis nyaris tak terlihat.

tiger barb
Tiger Barb Jantan
tiger barb
Tiger Barb Betina

Habitat 

Barbs Tiger telah dilaporkan ditemukan di perairan dangkal jernih atau keruh dari cukup mengalir sungai. Mereka tinggal di iklim tropis dan lebih memilih air dengan pH 6,0-8,0, kekerasan air dari 5-19 Bina Marga, dan berbagai suhu 77-82 ° F atau 25-27,8 ° C.

Penemuan mereka di danau rawa mengalami perubahan besar dalam tingkat air menunjukkan toleransi yang luas terhadap fluktuasi kualitas air. Umur rata-rata mereka adalah enam tahun.

Harimau barb adalah salah satu dari lebih 70 spesies duri dengan kepentingan komersial dalam perdagangan akuarium.

Dari total spesies ikan hias yang diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1992, hanya 20 spesies account selama lebih dari 60% dari jumlah total spesimen dilaporkan, dengan duri harimau jatuh pada kesepuluh dalam daftar, dengan 2,6 juta orang yang diimpor. (Chapman et al. 1994).

Duri yang telah selektif dibiakkan untuk menekankan kombinasi warna cerah telah tumbuh dalam popularitas dan produksi selama 20 tahun terakhir. Contoh morphs warna (tidak hibrida) harimau duri termasuk sangat melanistic barbs harimau hijau yang mencerminkan hijau lebih hitam karena efek Tyndall, barbs harimau emas dan barbs harimau albino.

Dalam akuarium 

Harimau duri, biasanya disimpan dalam kelompok enam atau lebih. Mereka sering agresif dalam jumlah kurang dari lima, dan dikenal jepit sirip. Ikan yang agresif Semi membentuk urutan kekuasaan dalam paket yang mereka dapat diperluas ke ikan lainnya, memberi mereka reputasi untuk menggigit pada sirip ikan lainnya, terutama jika mereka terluka atau cedera.

Mereka dengan demikian tidak dianjurkan untuk tangki dengan lebih lambat, ikan lebih damai seperti bettas, tambakan, angelfish dan lain-lain dengan panjang, mengalir sirip. Mereka, bagaimanapun, bekerja dengan baik dengan banyak ikan yang bergerak cepat seperti danios, platys dan sebagian lele.

Ketika dalam kelompok yang cukup besar, mereka cenderung menghabiskan sebagian besar waktu mereka mengejar satu sama lain dan meninggalkan spesies lain . Mereka tinggal terutama di tingkat menengah air.

Salah satu tankmates terbaik untuk barb harimau asalkan ada ruang yang cukup besar adalah Loach badut, yang akan sekolah dengan duri harimau dan bertindak seperti yang mereka lakukan, dan harimau bertindak sebagai loaches dilakukan.

Rrproduksi

Harimau barb biasanya mencapai kematangan seksual pada panjang tubuh 2 sampai 3 cm (0,8 sampai 1,2 inci) panjang total, atau sekitar enam sampai tujuh minggu usia.

Betina lebih besar dengan perut bulat dan sirip punggung terutama hitam, sedangkan laki-laki memiliki cerah, hidung merah dengan garis merah yang berbeda di atas hitam di sirip punggung mereka. Telur-lapisan cenderung menelurkan beberapa ratus telur di pagi hari dalam rumpun tanaman.

Rata-rata, 300 telur dapat diharapkan dari setiap bibit pada populasi induk matang, meskipun jumlah telur yang dikeluarkan akan meningkat dengan kematangan dan ukuran ikan. Telur melahirkan adalah perekat, negatif apung di air tawar dan rata-rata 1,18 ± 0,05 mm.

Barbs Tiger telah didokumentasikan untuk bertelur sebanyak 500 butir per betina (Scheurmann 1990; Axelrod 1992). Betina bisa bertelur sekitar dua interval minggu (Munro et al. 1990). Setelah pemijahan selesai, mereka biasanya akan makan telur mereka sendiri.

Binatang Hias Akuarium Ikan Harimau Barb | seputarikan | 4.5