Ikan Sapu-sapu

Mengenal Macam-macam Ikan Sapu-sapu

Ikan sapu-sapu (pleco) merupakan hewan yang mempunyai kemampuan hidup di lingkungan apapung. ikan ini bisa hidup di dalam kolam, parit, got dan bahkan lingkungan yang sudah tercemar dengan limbah sekalipun bukan masalah bagi ikan ini.

Jelas ikan ini bukan termasuk kategori ikan konsumsi karena manfaat ikan ini adalah untuk membersihkan lumut-lumut yang menempel pada dinding aquarium dan kolam dinding semen. ikan ini juga bukan merupakan ikan yang agresif.

Ikan sapu-sapu juga dikenal dengan ikan pemakan semua jenis makanan atau omnivora, walau kebanyakan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan air seperti kelompok alga. Masih banyak spesies dari ikan sapu-sapu ini. masih ada banyak komoditas ikan ini yang belum di identifikasi dan diberi nama. Ikan ini memiliki dua alat pernafasan yitu insang dan juga labirin.

Fungsi Insang digunakan ketika ikan sapu-sapu berada di dalam air yang jernih. Sementara alat pernafasan labirin akan digunakan bila ia berada di dalam air dengan lumpur atau air dengan tingkat keruhan yang sangat tinggi bahkan air yang sidah tercemar dengan limbah pabrik. Jadi, harapan hidup ikan yang satu ini cukup tinggi.

Apabila Anda berniat memelihara ikan sapu-sapu, carilah ikan sapu-sapu seperti berikut, beberapa jenis ikan sapu-sapu yang paling ramai dipelihara:

Ikan sapu-sapu (Common Pleco). Ikan ini disebut common karena ikan yang paling tenar dan ramai dipelihara. Ikan ini hampir mirip dengan ikan lele tetapi siripnya menyamping dan lebih lebar. Warnanya abu-abu ke hitam dengan kombinasi totol-totol warna putih tapi tidak dominan.

Ikan sapu-sapu (zebra pleco). Sesuai denagan namanya, ikan sapu-sapu ini memiliki motif corak warna mirip seperti zebra. Sehingga ikan ini menjadi di gemari karena warna hitam kombinasi putih yang bagus sebagai ikan hias.

Ikan sapu-sapu (Gold Nugger Pleco). Dasar Warna ikan ini adalah hitam pekat tetapi di kombinasi dengan bintik-bintik kuning di sepanjang tubuhnya. Sehingga ikan ini juga mempunyai sebutan Ikan sapu-sapu “gold”.

Ikan sapu-sapu (scarlet pleco). ikan ini memiliki tampilan mirip dengan common. Hanya gradasi warna yang ada pada tubuh ikan ini bukan putih tapi memacu ke warna merah muda.

Ikan Sapu-sapu (Sunshine Pleco). spesies ikan ini sekilas mirip dengan Gold pleco. Warna dasarnya bukan hitam tebal dan totolnya bukan kuning. Warnanya seperti matahari.

Ikan sapu-sapu (Medusa pleco). Warna dasarnya adalah hitam dan di percantik dengan bintik putih kecil.

Ikan sapu-sapu (flash pleco). Mirip dengan zebra tetapi jika pada zebra, perpaduan warna hitam dan putih seimbang, pada flash pleco, warna yang dominan justru hitam. Warna putih hanya serupa garis saja.

 

Jenis ikan sapu-sapu yang paling banyak di gemari Ikan sapu-sapu (zebra pleco). Sesuai denagan namanya, ikan sapu-sapu ini memiliki motif corak warna mirip seperti zebra. Sehingga ikan ini menjadi di gemari karena warna hitam kombinasi putih yang bagus sebagai ikan hias.

Ikan ini sama seperti ikan sapu-sapu jenis lainya pemakan segalanya. dan yang menduduki peringkat ke dua terpopuler ikan sapu-sapu jenis. Ikan sapu-sapu (flash pleco). Mirip dengan zebra tetapi jika pada zebra, perpaduan warna hitam dan putih seimbang, pada flash pleco, warna yang dominan justru hitam. Warna putih hanya serupa garis saja.

Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa ikan jenis ini tadak dapat di jadikan ikan jenis konsuimsi tapi sebagian orang sudahmencoba ikan ini untuk di jadikan berbagai macam olahan makanan.

Ikan sapu-sapu di daerah perairan yang bersih dan tidak ada pencemaran linmbah industri memang masih bisa di konsumsi dengan berbagai macam olahan antara lain : bakso, kerupuk, siomay, kaki naga dan lain-lainya.

Ikan Sapu-sapu | seputarikan | 4.5