Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca

Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca Kryptopterus vitreolus, yang dikenal dalam perdagangan akuarium tradisional sebagai lele kaca dan alternatif juga sebagai lele hantu atau phantom lele, adalah spesies kecil lele kaca Asia .

Hal ini sering terlihat dalam perdagangan akuarium air tawar, tetapi taksonomi adalah membingungkan dan hanya sepenuhnya diselesaikan pada tahun 2013. Hal ini endemik Thailand, di mana ditemukan di sungai sebelah selatan dari Tanah Genting Kra yang mengalir ke Teluk Thailand dan sungai cekungan di Pegunungan Cardamom.

Ada juga laporan yang belum dikonfirmasi dari Penang di Malaysia. Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca. Sampai tahun 1989, itu dianggap sama dengan “kaca lele” Kryptopterus bicirrhis, spesies yang lebih besar jarang terlihat dalam perdagangan akuarium.

Selanjutnya Lele hantu sering terlihat dalam perdagangan akuarium itu diyakini sebagai sama seperti K. kecil, tapi pada tahun 2013 didirikan bahwa spesimen akuarium benar-benar mewakili spesies lain, yang digambarkan sebagai K. vitreolus.

Deskripsi Fisik

Ini adalah ikan lele transparan dengan dua sungut panjang. Panjang standar dapat berkisar hingga 8 cm (3.1 in), tetapi biasanya hanya mencapai sekitar 6,5 cm (2,6 in) panjang total.

Mereka transparan karena, seperti semua ikan lele, mereka scaleless, dan lele dalam genus Kryptopterus kekurangan tubuh pigmen. Sebagian besar organ mereka berada dekat kepala, hati mereka dapat dilihat. Ketika cahaya menyerang ikan tepat, dapat membuat warna pelangi warna-warni.

Setelah kematian, mereka berpaling putih susu. nama ilmiah spesies vitreolus berasal dari vitreus Latin, yang berarti kaca.

Di antara spesies dijelaskan dari Kryptopterus, hanya dua spesies lain, K. minor dan K. piperatus, memiliki tubuh jelas transparan dan kedua ini sebagian besar-jika tidak seluruhnya-absen dari perdagangan akuarium. tubuh lain, termasuk K. bicirrhis, hanya agak tembus atau buram.

Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca
Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca

Habitat

Berasal dari sungai-sungai di Thailand, lele ini lebih memilih tangki dengan daerah renang terbuka dengan arus moderat, dan daerah ditanam untuk menyediakan tempat penampungan.

Ikan pemalu dan non-agresif, mereka harus selalu disimpan sebagai kelompok setidaknya lima, dan dapat disimpan dengan jenis ikan lainnya dengan ukuran hampir sama dan temperamen.

Ghost lele sangat sensitif terhadap perubahan kualitas air dan pH. PH harus sedikit asam (sekitar 6,5), kesadahan air harus rendah (kurang dari 20, idealnya kurang dari 10 ° Ditjen Bina Marga) dan suhu air harus sekitar 25 ° C (77 ° F).
Ikan ini memiliki reputasi untuk menjadi pemakan rewel; mereka lebih memilih makanan hidup seperti nyamuk (Culicidae) larva, bloodworms (Chironomidae larva) dan udang air asin (Artemia), tetapi dapat disapih mengelupas makanan dengan waktu.

Karakter

Spesies Kryptopterus berbeda dari kebanyakan lele lain karena mereka bebas-berenang dan hidup di pertengahan sampai daerah atas air. Ghost lele biasanya mendukung tempat gelap untuk berada di luar dalam cahaya terbuka. Sebuah kelompok kecil dari mereka mungkin bersembunyi di bawah batu, atau bayangan tanaman.

Kadang-kadang, satu atau dua mungkin berani keluar ke tempat terbuka dan berenang di tingkat atas air. Mereka dapat tertarik untuk melakukan hal ini lebih sering jika aliran air di dalam akuarium diatur sehingga tempat persembunyian favorit mereka terlindung, sementara arus lembut di daerah terbuka. Dengan demikian, mereka akan bergerak di tempat terbuka terutama pada waktu makan.

Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca
Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca
Aneka Jenis Ikan Hias Air Tawar Lele Kaca | seputarikan | 4.5