Mengenal Tentang Ikan Toman

Mengenal Tentang Ikan Toman

Mengenal Tentang Ikan Toman
Mengenal Tentang Ikan Toman

Seputarikan – Komoditi ikan toman (snakehead) raksasa berwarna merah , dengan garis-garis lateral yang oranye dan hitam muncul setelah sekitar dua bulan.

Sebagai toman juga mengalami perubahan garis-garis dan kemerahan , dan malah mengembangkan pola kebiruan – hitam dan putih pada tubuh atasnya.

ikan yang dijual dalam perdagangan ikan akuarium yang biasa disebut ” snakeheads merah “. Mereka bisa mendapatkan hingga 4 kaki panjang dan berat sampai 44 kg toman raksasa adalah yang paling agresif dari 30 spesies snakeheads lainya.

Spesies ini memiliki kemampuan untuk melompat ke darat dan menghirup udara , meskipun mereka hanya mampu melakukan hal ini di daerah berlumpur atau rawa, maka ikan ini juga di juluki dengan nama ” Mudfish”.

Kemampuan untuk menghirup udara dengan menggunakan paru-paru primitif terletak tepat di belakang insang memungkinkan untuk bertahan hidup di genangan air, di mana kandungan oksigen dalam air sangat rendah, dengan muncul ke permukaan dan mengambil sedikut udara.

Hal ini juga memungkinkan toman untuk melakukan perjalanan jarak pendek di lumpur , meskipun tidak mampu untuk berburu saat di lumpur , karena tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri sama sekali dengan sirip kecil
dibandingkan dengan tubuhnya yang besar .

Toman yang Dipiara Dalam akuarium

Toman raksasa , biasanya disebut snakeheads merah atau redline , adalah ikan yang populer untuk dijual dalam perdagangan hewan peliharaan . Mereka biasanya dijual sebagai hewan peliharaan.

Beberapa bahkan dijual sebagai pengumpan untuk diberi makan ikan karnivora yang lebih besar. Mereka adalah predator rakus yang akan mengejar dan makan apa saja yang cocok di mulut mereka. Namun, mereka dapat disimpan dengan arowana silver , ikan badut pisau , oscars , dan ikan lainnya dari grup ukuran yang sama.

Ebanasar ( 1995) juga telah melakukan serangkaian percobaan pada biologi , fisiologi dan budaya ikan ini . Ikan ini dilaporkan sangat cocok untuk budidaya keramba dan budaya di kolam dalam kombinasi dengan nila . Hal ini ditemukan untuk menjadi alat yang efektif dalam mengendalikan kelebihan populasi ikan nila.

KARAKTER IKAN TOMAN 

Aquarium

Ikan Snakehead dapat budidaya  dalam akuarium .Tambak

Ikan ini dapat Dibudidaya di kolam . Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak membiarkan anak-anak kecil di dekat kolam. 
Predator
Ikan tangguh ini adalah predator utama . dalam lingkungan ia hidup dan memiliki kawasanteritorial. 
Ukuran 
Sebagai ikan akuarium , ikan ini cenderung dijual ukuran jari . Mereka bisa tumbuh di penangkaran dengan mudah, 
Makanan
Makanan adalah Ikan yang lebih kecil , katak dan mungkin makhluk itu bisa mendapatkan sekitar mulutnya . 
Nilai
Ikan ini dijual murah ketika muda . Beberapa spesies memiliki nilai komersial sebagai makanan ikan. Mereka tidak mengambil harga tinggi sebagai ikan hias meskipun, kecuali jika mereka benar-benar besar atau mungkin tidak biasa di masukan kedalam aquarium. 
Aquarium Kompatibilitas
Sebagai predator , ikan ini dapat menjadi soliter jika mereka dipelihara dengan ikan yang ukuran sama dari waktu ke waktu ( yaitu mereka tumbuh dalam ukuran bersama-sama ). Mereka juga dapat pelihara bersama dengan spesies yang sama. 
Nama umum
Di daerah berbahasa Melayu dari Malaysia , Singapura , Indonesia dan Thailand Selatan , berbagai ikan Snakehead disebut :
  • Toman ( diucapkan ‘ Toe ‘ ‘ Mun ‘ ( seperti ‘ bun ‘ roti bun )).
  • Dan di Thailand sebagai : pla Chon
  • Sementara di Filipina sebagai : dalag , haloan , dan Mudfish
Mengenal Tentang Ikan Toman | seputarikan | 4.5