Ikan Tawar Penghuni Akuarium Cantik Harlequin rasbora

Ikan Tawar Harlequin rasbora

Harlequin Rasbora ikan kecil milik keluarga Cyprinidae, subfamili Rasborinae, yang semula diberi nama ilmiah dari Rasbora heteromorpha.

Heteromorpha Nama spesifik, menerjemahkan dari bahasa Yunani sebagai “berbentuk berbeda”, menyinggung fakta bahwa bentuk tubuh spesies ini berbeda dengan anggota lain dari genus Rasbora, dan sebagai konsekuensi dari ini dan berbagai macam faktor lainnya termasuk perbedaan dalam teknik pemuliaan.

Harlequin rasbora sekarang dikenal dengan ilmu sebagai Trigonostigma heteromorpha. Nama umum untuk ikan ini, rasbora harlequin atau ikan harlequin, menyinggung patch segitiga hitam pada tubuh, yang mengingatkan pada pola yang ditemukan pada kostum harlequin a.

Spesies ini ikan akuarium yang populer, dan mungkin yang paling dikenal dari semua rasboras. Spesies ini telah beredar di kalangan aquarists sejak 1934.

Distribusi 

Rasbora harlequin adalah penduduk asli Malaysia, Singapura, Sumatera dan Thailand selatan. Ini adalah penghuni sungai dan badan air lainnya yang terletak di hutan rawa gambut.

Keterangan Fisik Ikan

Rasbora harlequin merupakan ikan yang memiliki tubuh permen berbentuk, yang warnanya basal dari kepala ke pangkal ekor adalah oranye merah muda, rona yang bervariasi yang tepat tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi air dan penduduk asli dari mana ikan diperoleh. Posterior setengah dari tubuh dilapis dengan besar, hitam kasar segitiga tanda, yang mengecil ke arah ujung terminal dari batang ekor, dan dimulai sekitar bawah titik tengah lampiran sirip punggung biasa disebut “wedge hitam” .
Ikan Tawar Harlequin rasbora
Ikan Tawar Harlequin rasbora
Secara umum dengan semua cyprinids, artikulasi dada dan panggul sirip mengikuti pola umum, sirip dada yang terletak posterior ke operkulum atau tutup insang, sedangkan sirip perut terletak beberapa cara lebih jauh ke belakang sepanjang bagian ventral tubuh , dalam hal ini hampir tepat di garis vertikal ditarik melalui sirip punggung.

Hubungan antara dada dan panggul sirip terlihat dalam Characins serta cyprinids, dan merupakan fitur dari semua ostariophysans ikan memiliki mekanisme tambahan untuk mendeteksi suara yang terdiri dari satu set tulang internal yang disebut ossicles Weberian.

Dorsal, anal, ekor dan sirip perut semua berwarna merah, sirip ekor yang bercabang, dengan warna merah terkonsentrasi di sinar terluar, bagian dalam dari sirip ekor yang lebih hialin.

Habitat 

Rasbora harlequin mendiami sungai dan anak sungai lainnya ditandai terutama oleh kandungan mineral yang rendah, konsentrasi tinggi asam humat terlarut, konsekuensi dari perairan yang mengalir melalui hutan rawa gambut.

Tanah tergenang air dari hutan ini menghambat pembusukan serasah daun, dan mengakibatkan pembentukan gambut, yang larut asam humat dan senyawa terkait ke dalam sungai yang mengalir melalui hutan-hutan tersebut.

Kondisi demikian mirip yang ditemukan di benua yang berbeda, yaitu habitat blackwater dari Amerika Selatan, dan kimia air dari habitat Asia dari rasbora harlequin adalah sesuai mirip dengan Rio Negro.

Pemeliharaan di Aquarium

Meskipun kimia air yang relatif seragam berbagai habitat, rasbora harlequin adalah ikan beradaptasi dalam akuarium, asalkan migrasi ikan ke perairan yang berbeda parameter kimia dilakukan dengan hati-hati.

Ikan akan hidup di akuarium di perairan mulai dari pH 6,0-7,8, dan rentang kekerasan dari nol sampai 15 ° dH.

Namun, sementara untuk kimia tujuan perawatan air tidak penting asalkan kebersihan akuarium dipertahankan, Kisaran suhu rasbora harlequin biasanya disebut sebagai 22 ° C hingga 27 ° C (72 ° F sampai 81 ° F).

Ikan Tawar Penghuni Akuarium Cantik Harlequin rasbora | seputarikan | 4.5