Ikan Selais (Kryptopterus)

Ikan Selais (Kryptopterus)

Kryptopterus adalah genus Selais milik keluarga Siluridae. Mereka ditemukan di air tawar di seluruh Asia Tenggara. Nama ilmiah berasal dari Kryptos Yunani kuno (κρυπτός, “tersembunyi”) + ptéryx (πτέρυξ, “fin”). Hal ini mengacu pada sirip punggung berkurang atau bahkan sama sekali tidak ada lele tersebut.

Deskripsi

Ikan selais menengah memiliki tubuh buram, transparan atau tembus, maka nama umum selais kaca Asia. Meskipun nama ini, hanya tiga spesies dijelaskan memiliki tubuh jelas transparan. K. minor, K. piperatus dan K. vitreolus.

Kebanyakan signifikan di antaranya adalah Gost selais (K. vitreolus), yang merupakan “selais kaca” yang paling sering terlihat dalam perdagangan ikan hias. Spesies ini awalnya bingung dengan selais kaca yang lebih besar (K. bicirrhis, jarang dalam perdagangan akuarium) dan kemudian dengan K. minor (dasarnya absen dari perdagangan akuarium). Hal tersebut hanya sepenuhnya diselesaikan pada tahun 2013

Biologis

Ini adalah ikan selais transparan dengan dua sungut panjang. Panjang standar dapat berkisar hingga 8 cm (3.1 in), tetapi biasanya hanya mencapai sekitar 6,5 cm (2,6 in) panjang total. Mereka transparan karena, seperti semua ikan selais, mereka scaleless, dan selais dalam genus Kryptopterus kekurangan tubuh pigmen. Sebagian besar organ mereka berada dekat kepala; dengan kaca pembesar, hati mereka dapat dilihat.
Ikan Selais (Kryptopterus)
Ikan Selais (Kryptopterus)
Ketika cahaya menyerang ikan tepat, dapat membuat warna pelangi warna-warni. Setelah kematian, mereka berpaling putih susu.  nama ilmiah spesies vitreolus berasal dari vitreus Latin, yang berarti kaca. Di antara spesies dijelaskan dari Kryptopterus, hanya dua spesies lain, K. minor dan K. piperatus, memiliki tubuh jelas transparan dan kedua ini sebagian besar-jika tidak seluruhnya-absen dari perdagangan akuarium. tubuh lain, termasuk K. bicirrhis, hanya agak tembus atau buram.

 Habitat

Berasal dari sungai-sungai di Thailand, selais ini lebih memilih daerah renang terbuka dengan arus moderat, dan daerah ditanam untuk menyediakan tempat penampungan. Ikan pemalu dan non-agresif, mereka harus selalu disimpan sebagai kelompok setidaknya lima, dan dapat disimpan dengan jenis ikan lainnya dengan ukuran hampir sama dan temperamen.

Spesies Kryptopterus berbeda dari kebanyakan karena mereka bebas-berenang dan hidup di pertengahan sampai daerah atas air. selais biasanya mendukung tempat gelap untuk berada di luar dalam cahaya terbuka.

Ikan Selais (Kryptopterus) | seputarikan | 4.5