Ikan Keting atau Lundu (Mystus nigriceps)

Ikan Keting atau Lundu (Mystus nigriceps)

Lundu atau ikan keting begitu orang banyak menyebut adalah nama umum untuk sekelompok ikan air tawar yang termasuk dalam genus Mystus (suku Bagridae, bangsa Siluriformes). Banyak nama lokal yang disematkan ke ikan ini, beberapa di antaranya adalah tendon, kating, ndaringan, menyengat, senggiringan, ririgi, kelibere dan lain-lain tergantung pada spesies dan daerah.

Ciri-ciri Khusus

Ikan tendon memiliki beberapa karakteristik khusus, termasuk kehadiran 3 buah patil atau sengatan, serta memiliki kumis, dengan kulit halus dan menghasilkan ikan tanpa sisik begitu licin. Tendon Ikan ini mirip dengan ikan Sembilang sekilas namun dengan ukuran yang lebih kecil dengan ekor yang memiliki cabang sebanyak 2.
Ikan Keting atau Lundu (Mystus nigriceps)
Ikan Keting atau Lundu (Mystus nigriceps)

Karakter

Di alam liar ditemukan di Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Singapura dan Thailand.  Tumbuh dengan panjang 19,8 cm dan memakan zooplankton dan larva serangga di alam liar, dan sebagian besar makanan siap dalam akuarium  Hal ini. Tidak aman untuk menjaga mereka dengan ikan yang lebih kecil di akuarium karena mereka akan memakannya.

TAXONOMY

Kelompok ikan dalam genus Mystus sangat beragam, terdiri dari jenis-jenis ikan yang kecil dan menengah. sistematika grup ini masih belum stabil dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kekerabatan filogenik dalam genus ini belum diketahui dengan jelas, meskipun seharusnya ada dua jalur kekerabatan utama. Tapi percaya sejak tahun 2005 bahwa marga ini parafiletik.

Asal-usaul

Mystus klan diyakini memiliki asal-usulnya di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Sebelumnya, genus ini juga dikenal dengan nama lain Macrones, nama yang kini tidak lagi digunakan karena sebelumnya telah digunakan sebagai nama kumbang (Coleoptera)
Ikan Keting atau Lundu (Mystus nigriceps) | seputarikan | 4.5