Ikan Akuarium Air Tawar Hias Hiu Pelangi

Ikan Akuarium Air Tawar Hias Hiu Pelangi Hiu Pelangi Epalzeorhynchos frenatum adalah spesies ikan air tawar Asia Tenggara dari keluarga Cyprinidae. Ini adalah populer, ikan akuarium semi-agresif. Hal ini juga sering disebut sebagai hiu ruby, hiu merah-sirip, hiu merah-bersirip, pelangi sharkminnow, fringelip labeo hijau, hiu whitefin dan sharkminnow whitetail. Tidak seperti hiu yang sebenarnya, yang termasuk ke dalam kategori Chondrichthyes “ikan cartilagenous” silsilah, hiu pelangi adalah actinopterygiian “ikan pari-bersirip”.
Ikan Akuarium Air Tawar Hias Hiu Pelangi
Ikan Akuarium Air Tawar Hias Hiu Pelangi

Deskripsi Fisik

Hiu pelangi memiliki tubuh memanjang, gelap tubuh emas merah atau, atau badan abu-abu cerah. Hal ini juga terjadi dalam berbagai albino, dengan tubuh putih dan sirip terang-oranye, atau badan oranye terang dengan sirip merah tua.Moncongnya tajam. Daerah perut datar. Sirip memiliki warna merah ke oranye-merah warna. Daerah linier dari tutup insang, mata, dan mulut memiliki garis singkat karakteristik.

Dibandingkan dengan betina, hiu pelangi jantan memiliki tubuh lebih tipis dengan garis hitam sepanjang tailfins. jantan juga memiliki warna cerah. Mereka bisa tumbuh hingga sekitar 15 cm panjang dengan rentang hidup rata-rata berkisar antara 4 sampai 6 tahun.

Distribusi dan habitat

Hiu Pelangi yang asli dari cekungan Mekong, Chao Phraya, Xe Bangfai dan Maeklong di Indocina. Mereka hidup di air dengan dasar berpasir.


Di akuariumMenjadi penghuni bawah dan dan menengah akuarium, mereka mengkonsumsi sisa makanan ikan, tetapi juga memakan alga yang tumbuh dari permukaan. Mereka dikenal damai dengan jenis mereka sendiri di alam liar, tetapi telah dikenal untuk menjadi agresif dengan satu sama lain jika disimpan bersama-sama dengan ikan jenis lain.Dapat menimbulkan Ancaman dan pertempuran yang mungkin terjadi. dan jika pertempuran itu terjadi ikan ini melibatkan kepala dan ekor menyeruduk, dan juga menggigit. Sebuah hiu pelangi besar akan terus mengejar yang lebih kecil sampai yang lebih kecil mati, terutama di lingkungan terbatas seperti akuarium.

Hal ini juga dapat meningkatkan risiko ikan melompat keluar dari akuarium tersebut. Hal ini membuat peternakan sulit untuk budidaya. Penyediaan tempat persembunyian dan dekorasi cekung seperti tanaman atau ornamen air buatan seperti gua dan terowongan.

Karena karakteristik perilaku ikan ini agresif antara jenisnya sendiri, pelangi hiu tidak dianjurkan untuk aquarist baru. Menjaga mereka dengan kerabat, seperti merah-ekor hiu, hiu bala dan hiu hitam harus dihindari, karena mereka akan mengejar dan menyerang mereka juga.

Persyaratan Akuarium

Hiu pelangi dewasa tumbuh subur di 55-galon (minimal 30-gal) tangki dengan air pada kisaran pH netral (6,5-7,0 pH), dengan suhu antara 22 dan 26 ° C (72 dan 79 ° F), dan kesadahan air dipertahankan pada 2 sampai 15 dH. Mereka harus memiliki banyak ruang ini, karena mereka sering berenang di sekitar dengan cepat dan akan meneror ikan lainnya dalam Akuarium di bawah ukuran ini.

Kompatibilitas 

Ikan Hiu Pelangi juga kompatibel dengan barbs dan rainbowfish, yang adalah penghuni atas dan menengah akuarium. Mereka juga bisa hidup dengan danios, loaches, Plecos, rasboras, dan tambakan. Mereka tidak kompatibel dengan yang lebih kecil, ikan lebih pemalu di dalam akuarium, seperti hiu mungkin mengejar meneror mereka dengan mengejar mereka keluar dari wilayah nya.

Diet / Makan

Rainbow hiu pemakan tidak herbivora dan omnivora pemilih, tetapi terutama konsumen dari ganggang dalam bentuk tablet, wafer dan serpih. Mereka juga makan makanan hidup, seperti larva serangga, cacing tubifex, perifiton, krustasea, fitoplankton, zooplankton dan serangga air. Diet ini juga mencakup selada dan bayam. Mereka juga akan makan udang air asin.
Ikan Akuarium Air Tawar Hias Hiu Pelangi | seputarikan | 4.5