Perwatan Ikan Akuarium Air Tawar Hias Arwana Jardini

Ikan Akuarium Air Tawar Hias Arwana Jardini

Arwana jardinii, adalah ikan air tawar asli ke Australia dan New Guinea, salah satu dari dua spesies ikan kadang-kadang dikenal sebagai arowana Australia, yang lainnya adalah saratoga yang S.leichardti. Ini memiliki banyak nama umum lainnya, termasuk saratoga utara, bonytongue Australia, toga dan barramundi tidak harus bingung dengan barramundi, Lates calcarifer. Ini adalah anggota dari subfamili Osteoglossinae.

Distribusi 

S. jardinii yang patchily didistribusikan ke seluruh sebagian besar Teluk Carpentaria sistem drainase, barat ke Sungai Adelaide di Northern Territory, seluruh Queensland utara dan di New Guinea.

Ini mendiami masih air jernih, dan lambat mengikuti bagian aliran dari sungai. Hal ini tidak dianggap terancam atau terancam baik oleh CITES konvensi maupun IUCN DAFTAR MERAH.

Keterangan Fisik

Ikan ini memiliki tubuh panjang, berwarna gelap dengan tujuh baris skala besar, masing-masing dengan beberapa kemerahan atau bintik-bintik merah muda disusun dalam bentuk sabit di sekitar tepi trailing skala, memberikan penampilan mutiara. Yang memiliki besar, sayap seperti sirip dada.

Kecuali untuk warna kusam dan ukuran skala yang lebih kecil, tampaknya sangat mirip dengan Asian Arowana, S. formosus. Tumbuh dengan panjang sekitar 90 cm .

Berat maksimum dicatat sebagai 17,2 kg tapi salah satu laporan menunjukkan hal itu telah diketahui berat sebanyak 27 kg. tubuh ikan dewasa adalah sekitar 25-28% dari panjang standar, membuat ini ikan lebih kuat dibandingkan sepupu Australia S. leichardti.

Ikan Akuarium Air Tawar Hias Arwana Jardini
Ikan Akuarium Air Tawar Hias Arwana Jardini
Seperti Arwana lain, itu adalah mouthbrooder, tapi tidak seperti Asian Arowana, laporan menunjukkan betina dan jantan mengerami di mulutnya.  Karena kemiripan mereka ke Asia Arwana mereka kadang-kadang dijual dalam nama emas arwana di beberapa negara Asia, seperti India. Namun mereka dapat dengan mudah dibedakan dari Asia Arwana dengan mengidentifikasi merah mereka melihat sirip 7-8 baris sisik pada tubuh mereka.

Diet 

Arwana Jardini adalah karnivora oportunistik, makan pada serangga air dan darat, ikan kecil dan krustasea
Perwatan Ikan Akuarium Air Tawar Hias Arwana Jardini | seputarikan | 4.5