Ikan Tenggiri (Mackerel)

Ikan Tenggiri (Mackerel)

Sekilas Tentang Ikan Tenggiri (Mackerel)
Sekilas Tentang Ikan Tenggiri (Mackerel)

Seputarikan – Ikan Tenggiri adalah nama umum di kenal pada sejumlah spesies yang berbeda di biota laut ikan pelagis, sebagian besar, tetapi tidak eksklusif, dari keluarga Scombridae.

Mereka ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, sebagian besar tinggal di sepanjang pantai atau laut lepas. Ikan Tenggiri biasanya memiliki garis-garis vertikal di punggung dan ekor.

Banyak spesies dibatasi dalam rentang distribusi mereka, dan hidup dalam populasi yang terpisah atau stok ikan berdasarkan geografi.

Beberapa sebagian besar bermigrasi di sepanjang pantai untuk bertelur mencari tempat yang cocok, di mana mereka bertelur di perairan cukup dangkal. Setelah pemijahan mereka kembali ke perairan dalam, untuk mencari makan yang cocok. Dari sana mereka bisa bergerak lepas ke perairan yang lebih dalam dan menghabiskan musim dingin tetapi relatif tidak aktif.

Prilaku dan Karakteristik

Ikan tenggiri yang lebih kecil menjadi santapan bagi predator yang lebih besar, termasuk tenggiri yang lebih besar dan Atlantik cod. Kawanan burung laut, serta ikan paus, lumba-lumba, hiu dan sekolompok ikan besar seperti tuna dan marlin.

Ikan tenggiri tinggi akan omega-3 minyak dan intensif dikonsumsi oleh manusia. Pada tahun 2009, lebih dari lima juta ton yang di tangkap oleh nelayan komersial.

Populasi

Lebih dari tiga puluh spesies yang berbeda, terutama dikeluarga Tenggiri, Sekitar 21 spesies dalam keluarga Tenggiri biasanya disebut makarel.

Spesies tipe untuk tipe scombroid makarel adalah mackerel Atlantik, tawar scombrus. Sampai saat ini, masih berpikir bahwa Atlantik Chub mackerel dan Indo-Pasifik Chub mackerel adalah subspesies dari spesies yang sama.

Pada tahun 1999 didirikan Collette, pertimbangan molekuler dan morfologi, bahwa ini adalah spesies yang terpisah. Mackerel lebih kecil dengan siklus hidup lebih pendek dari kerabat dekat mereka, tuna, yang juga anggota dari keluarga yang sama.

Biologi

Kebanyakan mackerel milik keluarga Scombridae, yang juga termasuk tuna dan bonito. Umumnya tenggiri jauh lebih kecil dan lebih ramping dari tuna, meskipun dalam hal lain mereka berbagi banyak karakteristik umum. Sisik mereka, jika ada kesamaani, sangat kecil.

Seperti tuna dan bonito, makarel adalah pemakan yang rakus, dan cepat dan bermanuver perenang handal, mampu merampingkan diri dengan sirip mereka ke dalam lekukan pada tubuh mereka. dan sisi ventral di belakang sirip punggung dan dubur, tetapi tidak seperti tuna deep-bertubuh, mereka sangat tipis.

 

Ikan Tenggiri (Mackerel) | seputarikan | 4.5