Ikan Royal angelfish (Pygoplites diacanthus)

Ikan Royal angelfish (Pygoplites diacanthus)

Ikan Royal angelfish (Pygoplites diacanthus)
Ikan Royal angelfish (Pygoplites diacanthus)

Seputarikan – Angelfish laut adalah ikan perciform dari keluarga Pomacanthidae. Mereka ditemukan di terumbu karang yang dangkal di daerah tropis Atlantik, Hindia, dan Samudra Pasifik sebagian besar Barat. Keluarga ikan ini terdiri dari tujuh marga dan sekitar 86 spesies. tidak harus bingung dengan angelfish air tawar, cichlids tropis Amazon Basin.

Royal angelfish, Pygoplites diacanthus

Dengan warna-warna cerah dan cantik, tubuh lateral dikompresi, ikan bidadari laut adalah ikan yang lebih mencolok dari ikan terumbu karang.

Mereka paling mirip dengan butterflyfish, keluarga terkait ikan karang sama-sama mencolok. Angelfish laut dibedakan dengab keluarga butterflyfish oleh adanya duri preoperkulum kuat (bagian dari insang). Fitur ini juga menjelaskan nama keluarga Pomacanthidae; dari poma Yunani yang berarti “penutup” dan akantha berarti “duri”.

Banyak spesies ikan bidadari laut memiliki ekstensi streamer seperti dorsal lembut dan sirip dubur. Ikan memiliki mulut yang kecil, sirip dada relatif besar dan bulat dan bulan sabit sirip ekor. Spesies terbesar, angelfish abu-abu, Pomacanthus arcuatus, dapat mencapai panjang 60 cm di lain anggota genus Centropyge tidak melebihi dari 15 cm.

Panjang 20 sampai 30 cm adalah rata-rata untuk seluruh keluarga. Spesies yang lebih kecil populer di kalangan aquarists, sedangkan spesies terbesar kadang-kadang dicari sebagai ikan konsumsi, Namun, ada laporan keracunan ciguatera akibat dari makan angelfish laut.

Perilaku

Spesies yang lebih besar juga cukup berani dan mereka dikenal ikan paling berani untuk mendekati penyelam. Sementara mayoritas dengan mudah beradaptasi dengan kehidupan kawanan, beberapa pengumpan spesialis yang sulit untuk mempertahankan.

Kebiasaan makan dapat didefinisikan secara ketat melalui genus, dengan spesies Genicanthus makan zooplankton dan Centropyge memilih lumut. Spesies lain fokus pada invertebrata bentik sesil; spons, tunicates, bryozoa, dan hidroid staples.

Kebanyakan ikan bidadari laut membatasi diri untuk perairan karang dangkal, jarang berkeliaran dalam kedalaman lebih dari 50 m. Baru-baru ini dijelaskan Centropyge ABEI diketahui menghuni kedalaman 150 m.

Mereka adalah hewan diurnal, bersembunyi di antara celah dan celah-celah karang pada malam hari. Beberapa spesies yang soliter di alam dan membentuk pasangan kawin sangat teritorial, membentuk harem dengan laki-laki tunggal yang dominan dengan beberapa betina. Sebagai remaja, beberapa spesies mungkin mencari makan sendiri secukupnya sebagai ikan pembersih.

Reproduksi

Umum untuk banyak spesies adalah pergeseran dramatis dalam warna yang berhubungan dengan jatuh tempo. Misalnya, laki-laki muda angelfish hiasan, Genicanthus bellus, telah luas, pita hitam dan bisa dibedakan dari betina, pada saat jatuh tempo, band oranye terang berkembang di sisi-sisi dan belakang.

Dianggap sesuai dengan tingkatan sosial, pergeseran warna ini tidak selalu terbatas pada laki-laki; semua jenis angelfish laut yang dikenal sebagai hermafrodit protogynous. Ini berarti bahwa jika laki-laki dominan harem dihapus, perempuan akan berubah menjadi laki-laki fungsional.

Sebagai petelur pelagis, ikan bidadari laut melepaskan banyak telur apung kecil ke dalam air yang kemudian menjadi bagian dari plankton. Telur mengapung bebas dengan arus sampai menetas, sejumlah besar jatuh korban menjadi makanan planktonik.

Ikan Royal angelfish (Pygoplites diacanthus) | seputarikan | 4.5