Ikan Atlantik Blue Tang ( Coeruleus Acanthurus)

 Ikan Atlantik Blue Tang ( Coeruleus Acanthurus)

Ikan Atlantik Blue Tang ( Coeruleus Acanthurus)
Ikan Atlantik Blue Tang ( Coeruleus Acanthurus)

Seputarikan – Coeruleus Acanthurus adalah Blue Tang ditemukan biasanya di Samudera Atlantik. Ikan ini dapat tumbuh hingga 16 inci. Atlantik atau Biru Tang, Acanthurus coeruleus, sering disebut sebagai biru tang namun hal ini membingungkan namanya dengan tang biru Pasifik.

Nama biru tang yang paling sering digunakan untuk merujuk pada Pacific Blue atau Regal Tang, namun ketika Anda berada di Karibia istilah selalu merujuk kepada penduduk lokal. The Atlantic Blue Tang juga disebut sebagai Karibia Tang, Blue Barber, Blue Doctor, Blue Doctorfish, Blue Tang Surgeonfish, Blur tang, Yellow Barber dan Yellow Doctorfish. Referensi untuk hasil kuning dari fakta bahwa remaja yang berwarna kuning.

Karakteristik Blue Tang

Blue Tang adalah yang paling umum di Karibia timur dari Florida, melalui Bahama ke selatan sejauh Bermuda. Ini lebih memilih terumbu karang dan daerah berumput dan dapat ditemukan di perairan dangkal atau di kedalaman sampai 100 meter.

Di karang, ia akan menemukan tempat berlindung di antara bebatuan dan beristirahat di celah-celah di malam hari. Atlantic Blue Tang membentuk pasangan atau kelompok kecil, kadang-kadang berjalan dengan tang lain.

Bentuknya khas tang, dengan tubuh lateral dikompresi, sirip punggung kontinyu panjang dan tulang belakang ditarik tajam di pangkal ekor. Para remaja kuning cerah sulit untuk menemukan di antara bebatuan.

Ketika mereka dewasa, mereka transisi ke tubuh biru dengan ekor kuning sebelum berbalik sepenuhnya biru, kecuali untuk kuning kecil di pangkal ekor. ada warna oranye di ujung sirip. Usia menengah juga mungkin memiliki motif abu-abu horizontal di tubuh. Mereka menjadi dewasa sekitar satu tahun usianya.

Perubahan Bentuk

Atlantic Blue Tang secara eksklusif pemakan ganggang di alam liar, meskipun mereka juga makan daging. tetapi ikan ini akan lebih baik memakan ganggang untuk menjaga kesehatan yang baik.

Meskipun tubuh ikan karang dapat bervariasi dalam warna dari terang ke gelap biru dan sirip ekor berwarna biru emas. sewaktu remaja, bagian sekitar mata mereka berwarna ungu-biru, biru atau biru-hijau. Warna mereka berubah selama pertumbuhan dari remaja kuning, kuning subadult biru tailed dan fase dewasa biru.

Biru tang mendiami terumbu karang dan perairan pantai berumput dan daerah berbatu, di mana ada prevalensi tinggi ganggang. Mereka adalah herbivora, dan cara mereka menjaga kesehatan hanya dari ganggang. Mereka makan ganggang dari terumbu karang di mana mereka berada, serta tubuh ikan sekitarnya.

Dengan makan ganggang dari ikan lain, biru tang berfungsi sebagai pembersih bagi mereka. Dengan penurunan Diadema antillarum (landak laut) populasi, populasi tang biru meningkat sejak sumber daya alga bertambah.

Ikan Atlantik Blue Tang ( Coeruleus Acanthurus) | seputarikan | 4.5